Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        TelkomGroup Bersama Pemerintah Percepat Pemulihan Layanan Telekomunikasi Pasca Bencana di Aceh dan Sumatera

        TelkomGroup Bersama Pemerintah Percepat Pemulihan Layanan Telekomunikasi Pasca Bencana di Aceh dan Sumatera Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus konsisten melakukan upaya percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi pasca bencana banjir bandang dan longsor, yang mengakibatkan gangguan layanan yang terjadi di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Oleh karena itu, langkah pemulihan cepat dan pengoptimalan konektivitas darurat sangat diperlukan guna memastikan komunikasi masyarakat di wilayah terdampak tetap berjalan lancar.

        Saat ini, progres pemulihan layanan menunjukkan angka yang signifikan. Layanan mobile broadband Telkomsel di ketiga wilayah tersebut telah mencapai 76,5% pemulihan, sementara layanan fixed broadband IndiHome berhasil dipulihkan hingga 79,7%. TelkomGroup juga menjalin koordinasi yang erat dengan berbagai pihak, termasuk BNPB, BPBD, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Pemerintah Daerah, dan instansi terkait lainnya, untuk mempercepat proses normalisasi konektivitas di zona-zona yang diprioritaskan.

        Sebagai bagian dari upaya penguatan layanan komunikasi darurat, Telkom, melalui PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), telah mengerahkan unit backup tambahan dari layanan satelit Mangostar. Layanan satelit ini dipasang untuk menunjang konektivitas di enam posko bencana yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Pemanfaatan unit satelit ini secara spesifik ditujukan untuk memfasilitasi komunikasi tim teknis TelkomGroup, relawan, dan para pengungsi di posko-posko tersebut, sekaligus memperkuat penggunaan backup IP radio dan jalur alternatif yang telah lebih dulu dioperasikan sejak awal bencana.

         Baca Juga: Dorong Talenta Digital, Menko Airlangga Tinjau 632 Peserta Program Pemagangan Nasional TelkomGroup

        Menteri Komunikasi dan Digital RI Meutya Hafid menyampaikan bahwa pemerintah akan terus bersinergi dengan operator untuk melakukan percepatan penanganan konektivitas pasca bencana.

        “Fokus kami adalah memastikan akses telekomunikasi di seluruh wilayah terdampak segera pulih agar masyarakat dapat kembali berkomunikasi. Pemerintah juga optimistis layanan kembali normal dalam lima hari kedepan seiring dengan pemulihan listrik di wilayah terdampak,” pungkas Meutya Hafid pada agenda Press Conference Rapat Koordinasi Penanganan Akses Telekomunikasi, hari Senin (1/12) di Medan.

        Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini menegaskan upaya kolaborasi dengan pemerintah untuk mempercepat pemulihan layanan.

        “Di sejumlah daerah terdampak, tantangan utama kami adalah akses menuju lokasi dan masalah sumber daya listrik yang tidak stabil. Kerusakan pada jalur transmisi, terutama fiber optik, juga membuat proses perbaikan membutuhkan waktu dan upaya teknis tambahan,” ujar Dian.

        TelkomGroup juga dengan sigap menyalurkan dukungan tanggap darurat, konektivitas, dan bantuan kemanusiaan. Sejak bencana alam terjadi, akses internet gratis bagi masyarakat terdampak tersedia di 7 lokasi strategis, yakni Kantor Wilayah Telkom Sumut,Kantor Wilayah Telkom Banda Aceh, Pusat Layanan Telkom Sigili, Kantor Wilayah Telkom Sibolga, Kantor Wilayah Telkom Sumbar, dan Pusat Layanan Telkom Talu dengan mempertimbangkan aspek keamanan aset di lokasi. Sebagai bentuk sinergi TelkomGroup dan instansi, dukungan konektivitas juga disediakan di lokasi Pemprov Aceh-Sumut serta Diskominfo setempat guna memastikan kelancaran posko Pemda.

         Baca Juga: Telkom Tegaskan Komitmen Hadirkan Ekosistem AI Nasional yang Berkelanjutan

        Di sisi lain, bantuan logistik dan sembako berupa bahan makanan, perlengkapan memasak, dan pakaian turut disalurkan bagi masyarakat terdampak serta bantuan dapur umum yang melayani lebih dari 1.300 orang pengungsi. TelkomGroup menyediakan posko tanggap darurat yang berlokasi di AKHLAK Hall Witel Sumut, kantor Witel Aceh dan kantor Witel Sumatra Barat.

        Selain itu, Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA) juga tersedia untuk menyalurkan kebutuhan penting bagi masyarakat dan berbagai inisiatif tanggap bencana lainnya. Sebagai dukungan terhadap akses kesehatan, Yakes Telkom sebagai klinik darurat juga disiagakan di posko tanggap darurat TelkomGroup.

        “Kami berkomitmen melakukan pemulihan konektivitas secara cepat, aman, dan terkoordinasi. Dengan dukungan layanan satelit, penambahan kapasitas, dan normalisasi konfigurasi lintas provinsi, kami berupaya memastikan masyarakat dapat kembali terhubung secara optimal. Seluruh personel kami bekerja maksimal 24/7 dengan fokus pada area paling kritikal,” tutup Dian.

        TelkomGroup akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak guna menjaga kelancaran pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah terdampak. Masyarakat dapat memperoleh informasi terkait pemulihan jaringan, kantor layanan, dan informasi pelanggan melalui hotline tanggap bencana 0800-111-9000 secara 24 jam dan bebas tarif pulsa.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: