Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pastikan Konektivitas Tetap Terjaga, Telkom Tinjau Langsung Pemulihan Jaringan di Aceh Tamiang

        Pastikan Konektivitas Tetap Terjaga, Telkom Tinjau Langsung Pemulihan Jaringan di Aceh Tamiang Kredit Foto: Telkom Indonesia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sebagai wujud dedikasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam menyediakan layanan optimal bagi semua lapisan masyarakat Indonesia, tak terkecuali di daerah yang terdampak bencana. 

        Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji melakukan peninjauan langsung terhadap keadaan infrastruktur jaringan komunikasi di kawasan terdampak bencana di Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, pada Selasa (23/12).

        Aktivitas ini adalah bagian dari langkah Telkom guna memastikan pemulihan layanan telekomunikasi dapat berlangsung dengan baik. Dalam kesempatan yang sama, Telkom juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang terdampak.

        Fokus penting dari kunjungan kerja tersebut adalah mengamati kondisi infrastruktur telekomunikasi, antara lain Sentral Telepon Otomat (STO) Tanjung Pura dan Kuala Simpang serta sejumlah infrastruktur jaringan lain yang terdampak setelah bencana banjir beberapa waktu yang lalu. 

        Kunjungan ini sekaligus bertujuan memverifikasi bahwa proses pemulihan layanan berjalan m

        “Fokus utama kami adalah memastikan konektivitas tetap terjaga agar komunikasi antar masyarakat tidak terputus di tengah situasi bencana. Sejak hari pertama, TelkomGroup bersama TelkomProperty dan tim regional melakukan pemulihan aset dan jaringan di lapangan. Sebagai bagian dari BUMN, TelkomGroup akan selalu hadir melalui percepatan pemulihan layanan telekomunikasi dan pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak,” ujar Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji saat kunjungannya ke Desa Menanggini, Kuala Simpang sebagai bagian dari rangkaian tinjauan lapangan dan pemberian bantuan.

        Direktur Strategic Business Development & Portfolio Telkom Seno Soemadji saat kunjungannya turut menyampaikan bahwa hingga saat ini sebagian besar layanan telekomunikasi Telkom di Aceh Tamiang telah berangsur pulih.

        Upaya pemulihan sedang dilakukan secara bertahap dan difokuskan pada titik-titik yang terdampak banjir serta wilayah yang masih mengalami gangguan listrik. Dalam proses ini, TelkomProperty sebagai pengelola dan pemelihara aset TelkomGroup berperan aktif di lapangan, mendukung percepatan pemulihan infrastruktur yang terdampak bencana.

        Baca Juga: Telkomsat Dorong Pemerataan Akses Lewat Teknologi Satelit

        STO masih menjadi prioritas utama karena memiliki peran yang vital dalam menopang layanan komunikasi baik untuk pemerintah maupun masyarakat. Proses pemulihan dilakukan secara bertahap oleh tim teknisi Telkom yang tanpa lelah memberikan kontribusinya selama 24/7 guna memastikan kebutuhan konektivitas tetap dapat

        dinikmati oleh masyarakat terdampak bencana. Namun demikian, kecepatan pemulihan layanan juga dipengaruhi oleh kondisi lapangan, cuaca dan pasokan listrik.

        “Saya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim teknis kami yang sejak hari pertama bergerak cepat melakukan pemulihan di lokasi bencana. Di tengah akses yang terputus, mereka berjalan kaki menembus banjir dan lumpur, membawa genset dan baterai satu per satu, demi memastikan layanan tetap pulih. Mereka adalah pejuang telekomunikasi di lapangan, yang bekerja dengan dedikasi luar biasa untuk menjaga konektivitas masyarakat,” tambah Seno.

        Lebih lanjut, meskipun proses pemulihan layanan pascabencana banjir di Sumatera kerap menghadapi beberapa tantangan yang meliputi akses menuju lokasi yang sempat terisolasi, kerusakan perangkat akibat banjir dan lumpur, serta gangguan listrik yang masih terjadi, hal tersebut tidak menghalangi Telkom sebagai digital telco terdepan dalam memberikan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat. Dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut, Telkom senantiasa mempersiapkan berbagai solusi darurat, seperti penggunaan genset dan dukungan konektivitas berbasis satelit.

        Selain pemulihan konektivitas, TelkomGroup juga menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui berbagai inisiatif. Bersama TelkoMedika dan AdMedika, TelkomGroup menyediakan posko layanan kesehatan, ambulans, dan obat-obatan. Dukungan kebutuhan dasar seperti air bersih, sanitasi, genset, pompa air, dan sumur bor juga disalurkan untuk membantu aktivitas masyarakat terdampak. Penanganan ini tidak hanya dilakukan di Aceh, tetapi juga mencakup wilayah Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

        Sebagai perusahaan yang menyediakan layanan telekomunikasi, upaya pemulihan jaringan yang dilakukan Telkom merupakan langkah paling relevan dalam memastikan kebutuhan komunikasi tetap terpenuhi di tengah situasi bencana.

        Melalui pemulihan ini, Telkom kembali menegaskan perannya dalam menyediakan layanan komunikasi yang andal sebagai kebutuhan vital masyarakat saat kondisi darurat. Di saat yang sama, Telkom juga menghadirkan dukungan kemanusiaan melalui penyediaan layanan kesehatan, bantuan kebutuhan dasar, serta kehadiran langsung di lapangan sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas kepada masyarakat terdampak.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: