DKI Jakarta Raih "Anugerah Pangripta Nusantara Utama 2014"

WE Online, Jakarta - Provinsi DKI Jakarta meraih "Anugerah Pangripta Nusantara Utama 2014". Penghargaan ini diberikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Jakarta menerima anugerah ini karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai terbaik dalam hal perencanaan pembangunan. Untuk terbaik kedua diraih Provinsi Aceh dan disusul Provinsi Banten di tempat ketiga.

Ketua tim penilai independen "Anugerah Pangripta Nusantara 2014" Herman Haeruman mengatakan pemberian penghargaan ini bertujuan untuk mendorong setiap daerah dalam menyampaikan dokumen perencanaan pembangunan dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah.

"Ini merupakan hasil penilaian tim independen yang terdiri dari tujuh orang pakar dan ahli," katanya di Gedung Bidakara, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Tim independen, lanjut Herman, menilai dengan berpedoman pada empat tahap yang terdiri dari penilaian dokumen perencanaan, penilaian proses perencanaan, penilaian presentasi, dan wawancara.

"Proses penilaian dilaksanakan sepenuhnya oleh tim penyelenggara 'Anugerah Pangripta Nusantara' di tingkat nasional," imbuhnya.

Dalam laporan itu, setidaknya ada 18 daerah yang berhak menerima 'Anugerah Pangripta Nusantara 2014'. Penerima penghargaan tingkat provinsi, yakni "Pangripta Nusantara Pratama" kategori A, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, dan Provinsi Banten. Sementara itu, "Pangripta Nusantara Pratama" kategori B, yaitu Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Provinsi Gorontalo.

"Anugerah Pangripta Nusantara Pratama" kategori A untuk kategori kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bintan, kota Medan, dan kota Cilegon. Sedangkan, "Pangriprta Nusantara Pratama" kategori B, yaitu Kabupaten Gunung kidul, Kabupaten Rotendao, dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Pangripta Nusantara Utama" kategori A, yakni Kota Badung, Kota Magelang, dan Kota Kendari. "Pangripta Nusantara Utama" kategori B, yakni Kabupaten Pasaman, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Aceh Barat.

Foto: Sufri Yuliardi

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini