UGM Mundur dari Proyek Vaksin Nusantara

UGM Mundur dari Proyek Vaksin Nusantara Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gajah Mada memutuskan mengundurkan diri dari proyek Vaksin Nusantara.

Surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Sementara UGM menyebut alasan pengunduran diri FK-KMK UGM karena tim penelitinya tidak dilibatkan dalam proses uji klinis, termasuk dalam penyusunan protokol.

"Belum ada keterlibatan sama sekali. Kita baru tahu saat itu muncul di media massa bahwa itu dikembangkan di Semarang kemudian disebutkan dalam pengembangannya melibatkan tim dari UGM," kata Wakil Dekan FK-KMK UGM Bidang Penelitian dan Pengembangan, dr. Yodi Mahendradhata melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan sejumlah peneliti UGM sempat menerima komunikasi informal terkait rencana pengembangan vaksin di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan, dan menyatakan bersedia mendukung penelitian yang akan dilakukan.

UGM sendiri tak mengetahui bahwa Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor HK 01.07/MENKES/11176/2020 yang mencantumkan nama mereka beserta posisi yang mereka duduki dalam tim ini.

"Waktu itu belum ada detail ini vaksinnya seperti apa, namanya saja kita tidak tahu. Hanya waktu itu diminta untuk membantu, ya kami di UGM jika ada permintaan dari pemerintah seperti itu kami berinisiatif untuk membantu," kata dia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini