Kisah Orang Terkaya: Wang Laichun, Miliarder Wanita dari Dunia Teknologi

Kisah Orang Terkaya: Wang Laichun, Miliarder Wanita dari Dunia Teknologi Kredit Foto: Pinterest/Forbes

Miliarder wanita asal China, Wang Laichun ialah salah satu orang terkaya di negaranya berkat memiliki sebagian dari produsen elektronik Luxshare Precision Industry, di Shenzhen, China, yang memasok suku cadang ke Apple.

Pada tahun 2014, The Daily Telegraph mengumumkan bahwa, pada usia 46 tahun, dia adalah salah satu miliarder wanita termuda di dunia.

Perusahaan Wang membuat konektor elektronik dan menjadikan Apple sebagai salah satu pelanggannya. Sebelumnya, ia bekerja untuk Hon Hai Precision Industry milik miliarder Taiwan Terry Gou, yang dikenal sebagai Foxconn, yang memproduksi beberapa produk, termasuk iPhone, Kindle dan Playstation 4. Wang bekerja untuk Foxcon sejak tahun 1998, saat itu ia masih berusia 21 tahun.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Wang Laisheng, Pendiri Perusahaan Pemasok Apple

Meski banyak rekannya yang mengundurkan diri dalam beberapa bulan, namun Wang tetap bertahan selama 10 tahun lamanya. Ia pun sempat diangkat menjadi manajer. Setelah 10 tahun mengabdi, Wang resign dan bekerja sama dengan kakaknya, Wang Laisheng pada tahun 2004. Adapun dari kemitraan mereka adalah terciptanya Luxshare Precision.

Di perusahaan tersebut dia menerapkan pelajaran 10 tahun yang dia peroleh dari Terry Gou, pemilik Foxconn yang dulu menjadi atasannya.

Tak berbeda jauh dengan Foxconn, Luxshare Precision Industry Co Ltd menjadi pemasok konektor elektronik, produknya untuk Apple menyertakan adaptor jack headphone untuk iPhone terbaru.

Perusahaan ini juga bergerak dalam bidang penelitian, pengembangan, produksi dan distribusi komputer dan konektor elektronik. Mereka menawarkan kabel rakitan, antena, kabel listrik, komponen logam presisi & plastik, akustik dan komponen elektronik lainnya. Perusahaan ini juga menyediakan telepon PC, Smart TV, aplikasi Enterprise (server & telekomunikasi), Auto and Medical.

Wang bergelar EMBA dari Universitas Tsinghua di Beijing yang telah meluluskan 120 ribu siswa serta mencetak banyak pengusaha dan negarawan. Forbes mencatat harta kekayaannya mencapai USD8,2 miliar (Rp117 triliun).

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini