Makin Banyak yang Maki-maki di Medsos, Politisi sampai Artis Geleng-geleng Kepala

Makin Banyak yang Maki-maki di Medsos, Politisi sampai Artis Geleng-geleng Kepala Kredit Foto: Unsplash/Joshua Hoehne

Momen Lebaran yang harusnya digunakan untuk maaf-maafan, ternyata belum bisa mengurangi jumlah orang yang suka marah-marah dan berkata kasar. Di media sosial (medsos), video-video yang memaki-maki orang justru makin banyak. Kondisi ini membuat para politisi sampai artis geleng-geleng kepala.

Misalnya, ada dua video orang yang marah-marah karena tidak terima diputar balik oleh petugas penyekat larangan mudik Lebaran. Ada juga video emak-emak yang memarahi kurir toko online.

Dalam tiga video itu, ada kemiripan. Mereka terus nyerocos, menggunakan kata-kata kasar, memaki, dan tidak mau mendengar penjelasan orang lain.

Baca Juga: Viral Video Pemudik Menyemut di Bekasi, Polisi: Kini Sudah Ditambah Jadi 500 Personel

Video mereka pun viral. Banyak warganet menanggapinya dengan sewot dan kasar pula.

Musisi kawakan Iwan Fals terusik dengan semua kejadian ini. "Perasaan akhir-akhir ini di medsos, banyak emak-emak yang marah-marah ya, apa cuma perasaan saya saja," tulis pelantun “Bento” ini di akun Twitter @iwanfals, kemarin.

Cuitan Iwan Fals cukup beralasan. Di suasana Lebaran, apalagi setelah puasa Ramadan, seharusnya hati ini menjadi adem. Emosi terkendali dan saling memaafkan. Tapi kenyataannya terbalik. Lebih parah lagi, ini menimpa emak-emak yang dikenal memiliki kesabaran tingkat dewa.

Ratu Ngebor Inul Daratista ikut berkomentar. Menurutnya, umpatan dari masyarakat ke petugas sangat tidak pantas. Tidak mencontohkan perilaku taat aturan. "Ta*!!! cangkemu nggak cocok sama kelambimu s*!!! tulis Inul di akun Instagram pribadinya mengomentari permintaan maaf Hesti, emak-emak asal Bekasi yang sebelumnya memarahi petugas karena dilarang masuk Sukabumi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini