Jet Tempur Israel Tabrak Kantor Bulan Sabit Merah Qatar

Jet Tempur Israel Tabrak Kantor Bulan Sabit Merah Qatar Kredit Foto: Instagram/ramallah.mix

Pesawat tempur Israel menghancurkan kantor Masyarakat Bulan Sabit Merah Qatar (QRCS) di Gaza pada Senin (17/5/2021).

Dalam sebuah cuitan, QRCS mengatakan, "Bulan Sabit Merah Qatar rusak parah pada sore ini akibat penembakan terhadap sebuah bangunan yang terletak di Gaza."

Baca Juga: Israel Makin Menjadi-jadi, Rusia Siap Gelar Pembicaraan Langsung dengan Palestina

Menurut QRCS, serangan itu menewaskan dua warga Palestina, termasuk seorang anak, dan melukai 10 lainnya.

"Menargetkan objek sipil adalah pelanggaran terang-terangan terhadap hukum humaniter," ujar lembaga bantuan kemanusiaan itu.

QRCS menekankan bahwa mereka akan terus memberikan bantuan-bantuan kepada orang-orang yang terkena dampak di Jalur Gaza bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Palestina.

Sejak 10 Mei, tentara Israel melancarkan serangan bertubi-tubi ke Gaza yang menewaskan sedikitnya 212 warga Palestina, termasuk 59 anak-anak dan 35 wanita, dan melukai 1.305 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Puluhan bangunan dan rumah juga telah dihancurkan dalam agresi udara Israel.

Serangan udara yang dilancarkan Israel telah merusak jalan-jalan dan merusak infrastruktur penting, menyebabkan pemadaman listrik. Krisis keamanan di Gaza berisiko memicu bencana kemanusiaan. 

Selain merusak kantor Bulan Sabit Merah Qatar, serangan Israel telah menghancurkan satu-satunya laboratorium pengujian COVID-19 di jalur Gaza. Tingkat tes positif virus corona di Gaza termasuk yang tertinggi di dunia, yakni 28 persen.

Baca Juga: Ngabalin: Kalau Mau Melawan Zionis Israel Harus Boikot Produk AS

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini