Cikarang Listrindo Terus Bersinar Menjadi Terang yang Membawa Kebaikan

Cikarang Listrindo Terus Bersinar Menjadi Terang yang Membawa Kebaikan Kredit Foto: Cikarang Listrindo

PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX: POWR) dalam menjalankan bisnisnya berpedoman pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan skala global dalam Sustainable Development Goals (SDG). Komitmen Perseroan tersebut mendapat apresiasi dari Warta Ekonomi sebagai “Indonesia Best CSR Award with Outstanding Program in Waste Management Commitment” dari sektor Infrastructure, Utilities, Transportations subsektor Energi, dalam ajang Indonesia CSR Award 2021 pada tanggal 14 Juli 2021, yang bertemakan New Normal Sustainability.

Ini menunjukkan komitmen Cikarang Listrindo dalam menjalankan usahanya tidak hanya demi profit tapi juga mementingkan aspek lingkungan yang berpedoman pada pencapaian SDG sehubungan dengan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Baca Juga: Kabar Gembira, Cikarang Listrindo Masuk Indeks SRI-KEHATI

Berbagai langkah dilakukan Perseroan dalam mencapai SDG Goal tersebut, salah satunya dengan berinovasi pada sisi operasional dengan meminimalkan limbah yang dihasilkan. Limbah utama Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Batubara (PLTU) Perseroan berupa sisa partikel padat yang merupakan hasil proses pembakaran batubara yang dinamakan fly ash dan bottom ash (FABA). Untuk meminimalkan jumlah ash maka Perseroan memilih untuk menggunakan batubara berkandungan low ash sebagai sumber utama bahan bakar.

Teknologi Circulating Fluidized Bed (CFB) boiler PLTU Perseroan yang ramah lingkungan ini memisahkan fly ash dari aliran emisi gas buang oleh siklon dan electrostatic precipitator (ESP). ESP tersebut akan menangkap partikulat dan hasilnya lebih dari 99,5% polusi partikulat dipisahkan dari aliran emisi gas buang.

Selanjutnya, partikel fly ash yang telah terpisah oleh ESP akan dikumpulkan ke fly ash silo. Teknologi CFB ini juga melakukan proses pengayakan, dimana sebagian besar bottom ash akan kembali ke sirkulasi untuk digunakan kembali dan sisanya akan kemudian digabung dengan fly ash menjadi limbah buangan.

Hasil limbah buangan dari fly ash dan bottom ash tersebut akan dikirimkan ke produsen semen sebagai bahan baku produksi industri semen. Proses pembuangan limbah ash ini merupakan proses yang  berkelanjutan/sustainable karena menggantikan pasir dari proses produksi semen. Perseroan selalu melakukan pemantauan dan evaluasi pengelolaan limbah dilakukan secara berkala dan dilaporkan secara rutin.

Inisiatif lingkungan lainnya yang dilakukan Perseroan sebagai wujud tanggung jawabnya kepada lingkungan diantaranya adalah pada pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui tenaga surya dan biomassa, mengurangi limbah kertas, pemanfaatan sludge untuk pemadatan lahan, penambahan tanaman untuk menyerap gas emisi dan mengurangi kebisingan dan lainnya.

Penghargaan CSR Award tersebut akan menjadi penyemangat bagi Perseroan agar terus mengoptimalkan setiap program tanggung jawab sosial yang dilakukan untuk mencapai tujuan keberlanjutan dalam SDG.

Menggerakan kebaikan-kebaikan dalam semangat “Terang yang Membawa Kebaikan” atau “Light that Brings Goodness” yang didasari pada nilai-nilai budaya Perseroan yaitu STAR (Service, Trustworthiness, Accountability dan Reliability). 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini