Karena Tidak Dapat dari Tempat Lain, Taiwan Ngaku Bangun 8 Kapal Selam Baru

Karena Tidak Dapat dari Tempat Lain, Taiwan Ngaku Bangun 8 Kapal Selam Baru Kredit Foto: Getty Images/Sam Yeh

Taiwan mengadakan upacara pembuatan awal pekan ini untuk kapal selam produksi lokal pertamanya, yang pertama dari delapan armada yang direncanakan.

Indigenous Defense Submarines (IDS) akan menjadi pilar pertahanan negara terhadap invasi dari China daratan. Ini memperkuat kemampuannya untuk berpatroli di Selat Taiwan dan menenggelamkan kapal angkut amfibi yang berani melakukan perjalanan.

Baca Juga: Awas, Jepang-Amerika Gelar Latihan Perang Anti-kapal Selam Pertama di Laut China Selatan

Seperti dilansir Popular Mechanics, Jumat (19/11/2021), negara kecil yang hanya berpenduduk 23 juta itu harus membangun kapal selamnya sendiri. Daripada membelinya dari negara-negara sub-penghasil yang berpengalaman, karena Beijing telah memutus aksesnya ke pasar kapal selam internasional.

Taipei mengadakan upacara pada hari Selasa di China Shipbuilding Corporation di Kaohsiung, menurut Naval News. Konstruksi sebenarnya dimulai setahun yang lalu, tetapi seperti yang ditunjukkan Taipei Times, kapal selam secara teknis tidak memiliki lunas (struktur di tengah lambung kapal di mana sisa lambung dibangun). Sebaliknya, situs berita melaporkan:

Dalam pembangunan kapal selam, upacara berarti pembangun telah berhasil menghubungkan layar kapal selam, struktur seperti menara di atas kapal selam, ke lambung utamanya, dan lulus uji tekanan.

Kapal selam pertama yang diberi nomor pabrik 1168 ini dijadwalkan akan dikirim ke angkatan laut Taiwan pada tahun 2025. Tujuh kapal selam lagi akan menyusul.

Saat ini, Taiwan memiliki armada empat kapal selam. Dua di antaranya, Hai Hu ("Harimau Laut") dan Hai Lung ("Naga Laut"), dipesan pada tahun 1980 dari galangan kapal Belanda. Kapal-kapal tersebut didasarkan pada kapal selam serang kelas Zwaardvis Belanda, dan memiliki panjang 219 kaki dengan lebar 27,5 kaki.

Masing-masing memiliki 67 awak dan dilengkapi dengan torpedo SUT buatan Jerman, Mk. 48 torpedo berpemandu kelas berat, ditambah rudal anti-kapal Harpoon.

this-photo-taken-on-september-13-2016-shows-visitors-news-photo-1637179058.jpg?resize=768:*

Mengingat Hai Hu dan Hai Lung dikirim pada akhir 1980-an, mereka cukup tua di antara angkatan laut yang mengoperasikan kapal selam. Tetapi menurut standar Taiwan, mereka relatif baru: dua kapal selam lainnya di pulau itu, Hai Shih dan Hai Pao, dibangun pada tahun 1943 dan 1944 untuk Angkatan Laut AS.

Kapal selam tersebut dipindahkan ke Angkatan Laut Republik China untuk pelatihan perang anti-kapal selam. Tabung torpedo mereka disegel dengan beton, tetapi angkatan laut melepaskannya dalam waktu yang cukup singkat. Setidaknya satu kapal selam dilaporkan tidak beroperasi.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini