Kredit Foto: Sufri Yuliardi
President & CEO PT Valdo Investama sekaligus penggagas Indonesia@ccess Reza V Maspaitella menjelaskan bahwa ekonomi global saat ini sedang bergerak menuju sebuah perubahan proses dan model bisnis. Oleh karena itu Indonesia perlu berada digaris depan revolusi ekonomi digital, sehingga melalui revolusi tersebut Indonesia bisa mengadakan percepatan pembangunan ekonomi.
Nilai transaksi e-commerce di Indonesia saat ini diprediksi mencapai US$ 18 milyar dengan tujuan untuk mencapai USD 130 milyar di tahun 2020. Dengan total pengguna internet yang sudah mencapai 100 juta orang (menurut Google) menjadikan Indonesia sebagai negara terbesar ke lima pengguna internet di dunia. Hal ini merupakan sebuah potensi yang sangat besar bagi Indonesia.
Menurut Grey Group Indonesia, data menunjukkan bahwa pertumbuhan industri e-commerce Indonesia sejak 2014 sampai 2015 mecapai 70% dari tahun ke tahun.
Salah satu platform e-commerce Indonesia mengatakan bahwa mereka saat ini memiliki 1 juta merchant atau penjual dari seluruh Indonesia dengan total 16,5 jenis produk yang terjual setiap bulannya. Omzet mereka pun telah mencapai triliunan rupiah setiap bulannya.
"Maka dengan dasar potensi indikator ekonomi digital dunia dan pasar Indonesia saat ini, kami merasa bahwa percepatan pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pengembangan kualitas sumber daya manusia Indonesia dapat kita lakukan dengan langsung terjun dan membangun rumah digital Indonesia bagi pemberdayaan masyarakat kita," jelasnya di Jakarta, Selasa (11/10/16).
Pada langkah awal selain pengenalan dan diskusi, Indonesia@ccess sebagai rumah digital ekonomi Indonesia sekaligus meluncurkan beberapa marketplace digital platform seperti Trading@ccess, Travel@ccess, Money@ccess, Education@ccess, Financial@ccess dan Technology@ccess.
Hal ini untuk menunjang dan memberdayakan Koperasi dan UKM Indonesia agar memiliki akses pasar, akses teknologi, akses pendidikan, dan akses pembiayaan.
Generasi muda kreatif juga akan mendapatkan akses untuk mengembangkan platform digital inovatifnya dengan dukungan pendanaan dan mentoring serta dukungan infrastruktur teknologi platform saat produk inovasinya siap diuncurkan.
"Ke depannya Indonesia@ccess sebagai rumah digital ekonomi dapat benar benar menjadi rumah bagi Kebangkitan Ekonomi Rakyat ? karena semangat Indonesia@ccess didasari oleh semangat dari kita, oleh kita dan bagi kita," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait:
Advertisement