Elevenia, e-commerce yang mengusung open market place di Indonesia mencatat bahwa peningkatan transaksi mencapai dua kali lipat ketika memasuki bulan puasa. Angka ini terus meningkat hingga dua minggu sebelum hari lebaran. Kemudian di minggu lebaran, transaksi cenderung menurun hingga 50 persen dan kembali meningkat hampir tiga kali lipat setelah minggu lebaran berlalu.
Bukan hanya itu, di bulan suci tersebut, elevenia juga mendapati bahwa waktu ngabuburit pukul 14.00 ? 17.00 merupakan waktu favorit para buyer untuk berbelanja. Tercatat di antara waktu tersebut transaksi meningkat sangat signifikan. Sedangkan di luar jam tersebut, grafik transaksi belanja cenderung menurun.
?Secara konsisten kami mendapati bahwa perilaku konsumen di Ramadan, transaksi belanja akan menurun pada minggu lebaran karena masyarakat sudah sibuk mempersiapkan acara lebaran itu sendiri, seperti bepergian ke kampung halaman maupun silaturahmi mengunjungi sanak saudara. Selain itu, pada waktu ngabuburit pukul 14.00 ? 17.00 grafik transaksi belanja menurun bisa jadi disebabkan oleh banyaknya agenda silaturahmi berbuka puasa dengan kerabat serta beribadah tarawih," jelas Bayu S. Tjahjono, GM Strategy & Communication elevenia.
Berbicara mengenai perilaku belanja konsumen pada Ramadan, sangat erat berkaitan dengan produk yang banyak dibeli di waktu tersebut. Elevenia mendapati bahwa produk fashion menjadi produk yang secara konsisten setiap ramadan mengalami kenaikan hingga seperempat dari seluruh transaksi. Produk lain yang mengalami kenaikan pembelian adalah produk gadget. Namun, berbeda dengan produk fashion, produk gadget justru mengalami kenaikan paling tinggi setelah melewati Lebaran.
?Sesuai dengan pesan ramadan Lahir Baru, belanja dan mengenakan baju baru sudah menjadi tradisi menyambut hari raya Idul Fitri. Selain itu, baju juga bisa menjadi alternatif hadiah yang pas untuk kerabat. Peningkatan belanja produk gadget biasanya terjadi di waktu yang berdekatan dengan waktu penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR). Selain produk dari kedua kategori tersebut, salah satu produk laris lainnya selama ramadan adalah e-coupon untuk pulsa handphone. Tercatat selama ramadan, belanja pulsa handphone adalah sebesar 34 persen dan mengalami kenaikan paling tinggi di hari Lebaran, yakni mencapai 40 persen," tutup Bayu S. Tjahjono, GM Strategy & Communication elevenia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi
Tag Terkait:
Advertisement