Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI Dorong Transaksi Elektronik Pusat Wisata di Denpasar

BNI Dorong Transaksi Elektronik Pusat Wisata di Denpasar Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Denpasar -

Kantor Wilayah Bank Negara Indonesia Denpasar, Bali mendorong transaksi elektronik di pusat wisata dengan menyiapkan infrastruktur seperti mesin pembayaran atau EDC untuk membiasakan masyarakat memanfaatkan metode nontunai.

"Memang sebagian besar alat EDC kami itu kami taruh di tempat wisata seperti hotel, restoran dan tempat wisata lainnya," kata Pemimpin Wilayah BNI Denpasar (Bali dan Nusa Tenggara) Putu Bagus Kresna saat peringatan HUT ke-71 BNI di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Minggu (30/7/2017).

Menurut Bagus, transaksi elektronik mengakomodasi tingginya kebutuhan wisatawan baik domestik dan mancanegara terkait efisiensi dalam bertransaksi seiring Bali merupakan daerah tujuan wisata dunia. Wisatawan China, misalnya, kini semakin gencar memanfaatkan transaksi secara digital atau elektronik, sehingga perbankan juga harus mengakomodasi kebutuhan wisatawan tersebut.

Selain melalui mesin EDC, wisatawan juga kerap menggunakan transaksi nontunai secara digital dengan memindai kode quick response (QR) melalui aplikasi perbankan, kemudian memasukkan jumlah transaksi sehingga memudahkan proses pembayaran.

"Ini belum terlalu kelihatan di Bali tetapi sudah populer di luar negeri seperti di China dan ini akan mendorong perilaku transaksi yang sama," ucapnya.

Bagus memprediksi transaksi mendatang, masyarakat akan semakin jarang menggunakan transaksi tunai dan lebih banyak beralih ke transaksi nontunai (elektronik dan digital), baik melalui kartu kredit, debit hingga uang elektronik khas bank BUMN itu yang disebut tapcash.

"Tapcash lebih ke e-wallet (dompet elektronik) untuk memenuhi kebutuhan zaman sekarang transaksi semakin lama semakin nontunai," imbuhnya.

Tidak hanya untuk kepentingan transaksi pembayaran, pihaknya juga telah menjalankan dan mendorong digitalisasi dalam aplikasi kredit. Bank BUMN itu memiliki produk digital yang dikembangkan di antaranya UnikQu, digital loan, Agen46 BNI, dashboard bantuan sosial serta produk digital lainnya.

Selain itu, pihaknya juga aktif merangkul perusahaan keuangan berbasis teknologi (fintech) untuk memenuhi segala kebutuhan nasabah yang kian hari semakin menuntut model bisnis yang cepat dan ringkas. Untuk menggalakkan transaksi nontunai itu, BNI memaknai hari jadi ke-71 antara lain dengan menggelar bazar kuliner yang memanfaatkan transakai nontunai menggunakan tapcash.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: