Jelang pemilihan Gubernur Jawa Barat, Perusahaan media intelligence berbasis di Australia, Isentia melakukan pantauann di berbagai channel media sosial yang berkaitan dengan kandidat-kandidat gubernur Jawa Barat tersebut..
Beberapa kandidat sudah mulai melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan berbagai kesempatan seperti kegiatan kemasyarakatan, media luar ruang dan media sosial.?
Country General Manager Isentia Jakarta, Luciana Budiman, beberapa kandidat yang sudah sering diberitakan oleh media massa sebagai calon kuat gubernur Jawa Barat lebih sering dijadikan perbincangan netizen Indonesia selama beberapa bulan terakhir ini.
?Kami mencoba mengukur kandidat mana yang paling banyak dibicarakan selama tiga bulan. Periode yang kami pantau mulai dari 1 Mei hingga 30 Juli ini,? tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Senin (31/7/2017).
Menurut Luciana, Ridwan Kamil menempati posisi terbanyak yang dibicarakan oleh warga dunia maya Indonesia. Total pembicaraan mengenai Kang Emil, panggilan akrabnya mencapai 47,095 buzz. Posisi kedua ditempati ulama kondang Abdullah Gymnastiar yang mencapai 12,533 pembicaraan.
?Beberapa bulan terakhir ini, nama Aa Gym memang masuk bursa sebagai calon kuat gubernur Jawa Barat. Meskipun belum resmi diusungkan oleh partai politik manapun, namun tidak bisa dipungkiri kalau banyak netizen yang memperbincangkan beliau sejak isu tentang pencalonannya sering diberitakan media.? tambahnya.
Yang menarik, tambahnya lagi, nama Dede Yusuf ternyata juga diperbincangkan oleh netizen sebagai salah satu calon kandidat yang kuat. Jumlah buzz yang diraih anggota Komisi IX DPR RI yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008?2013 tersebut mencapai 2,786 pembicaraan, di bawah Wakil Gubernur Jawa Barat saat ini, Deddy Mizwar yang memperoleh 3,532 buzz.
?Bahkan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, juga banyak yang membicarakan. Kiprahnya selama dua periode memimpin Purwakarta membuatnya punya tiket dukungan moril dari masyarakat yang dipimpinnya. Setidaknya terdapat 11,262 pembicaraan mengenai beliau dari media sosial,? tutur Luciana lagi.
Secara umum, share of voice (SOV) dari masing-masing kandidat dari yang paling tinggi adalah Ridwan Kamil (60.96%), disusul oleh Abdullah Gymnastiar (16.26%), lalu Dedi Mulyadi (14.59%), kemudian Deddy Mizwar (4.58%) dan terakhir Dede Yusuf (3.61%).
?Tentu data ini tidak menggambarkan tingkat elektabilitas calon kandidat. Namun saran kami, kepada cagub maupun tim suksesnya, data ini bisa dijadikan acuan untuk menyusun strategi kampanye berikutnya, khususnya di ranah media sosial. Biar bagaimanapun, di era digital ini pengaruh media sosial sangat signifikan dan sayang kalau tidak dioptimalkan,? tutupnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait:
Advertisement