Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Layanan Data Jadi Senjata XL Axiata Tingkatkan Kinerja

Layanan Data Jadi Senjata XL Axiata Tingkatkan Kinerja Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT XL Axiata Tbk (XL) menyatakan akan terus berupaya untuk melakukan transformasi. Pasalnya, transformasi telah memberikan hasil yang positif terhadap pencapaian kinerja perusahaan.?

Salah satunya ialah peningkatan layanan data, termasuk pula trafik layanan data yang terus mengalami kenaikan karena didorong pertumbuhan yang signifikan dari layanan 4G. Ke depan layanan data diyakini akan terus tumbuh menjadi andalan untuk menopang kinerja perusahaan.

"Kinerja kami semakin membaik di semester pertama 2017 ini seiring dengan pertumbuhan layanan data yang terus meningkat dengan signifikan, sehingga kami mampu meraih laba bersih untuk kali pertama. Di periode sebelumnya, pencapaian laba kami merupakan hasil dari penguatan nilai Rupiah terhadap US Dolar dan juga hasil dari penjualan menara," kata Presiden Direktur/CEO XL, Dian Siswarini di Jakarta, Jumat, (4/8/2017).

Pada periode April hingga Juni 2017, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp5,7 triliun dan ini merupakan pertumbuhan yang terjadi secara beruntun dalam 3 kuartal terakhir. Pertumbuhan pendapatan jasa yang kuat ini turut mendorong diraihnya laba bersih sebesar Rp95 miliar, dan merupakan pencapaian laba secara riil, yang artinya murni merupakan dampak dari semakin membaiknya kinerja perseroan.?

Beban perusahaan mengalami peningkatan sebagai dampak dari pengeluaran investasi, serta gencarnya aktifitas kegiatan promosi penjualan. Menurutnya, sepanjang enam bulan pertama tahun ini, perseroan telah meluncurkan sejumlah inisiatif secara menyeluruh pada setiap lini bisnis untuk benar-benar mampu ? menghadirkan kualitas layanan sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Seiring dengan peningkatan kualitas jaringan data, perseroan juga meluncurkan sejumlah program layanan data yang menawarkan manfaat lebih banyak kepada pelanggan, serta memperkuat penerapan dual brand?XL dan AXIS untuk bisa secara efektif meraih pelanggan yang tepat.

Sesuai dengan komitmen perseroan untuk berfokus pada penyediaan layanan data berkualitas, XL Axiata telah membangun 93.507 unit BTS per akhir semester I/2017 dengan lebih 42.000 unit, di antaranya BTS 3G dan hampir 14.000 unit adalah BTS 4G LTE.?

Sebagai hasilnya, kini wilayah cakupan layanan data terus semakin luas, yaitu total 400 kota/kabupaten terjangkau layanan 3G dan U900 termasuk kota-kota kecil di luar Jawa. Perluasan jaringan 4G LTE juga berlangsung secara masif.

Hingga Juni 2017, sebanyak 288 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat ini, termasuk di antaranya puluhan kota di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk wilayah Jawa, hampir seluruh kota-kabupaten di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, telah terlayani 4G LTE.?

Sementara itu, perseroan juga terus berusaha memperkuat Neraca Keuangan (Balance Sheet Management). Salah satu aksi korporasi yang telah dilakukan ialah meluncurkan penawaran Sukuk Ijarah tahap kedua pada April 2017 lalu. Dana dari penawaran umum ini terutama digunakan untuk pembiayaan kembali dan memperpanjang pinjaman XL Axiata yang berdenominasi rupiah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: