Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ada 1.500 ATM BNI yang Terdampak Gangguan Satelit Telkom

Ada 1.500 ATM BNI yang Terdampak Gangguan Satelit Telkom Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengakui permasalahan anomali satelit Telkom-1 mengganggu sejumlah jaringan ATM dan outlet miliknya. Tercatat dari 17.000 ATM yang dimiliki BNI saat ini sebanyak 1500 ATM terkena dampak gangguan tersebut, sementara dari 1.600 outlet, 51 outlet terkena dampak gangguan.

"Pada ATM yang mungkin mengalami lonjakan transaksi akan di-back up ATM lainnya," ujar Corporate Secretary BNI, Kiryanto dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (28/8/2017).

Meski demikian, kata dia, BNI tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin, sehingga nasabah dan masyarakat ?tetap dapat memperoleh pelayanan pada outlet-outlet yang terkena dampak gangguan satelit. Beberapa outlet juga tetap melayani dengan pelayanan-pelayanan terbatas.

Lebih jauh, Kiryanto mengungkapkan, BNI telah mendapatkan kepastian dari provider jaringan komunikasi bahwa ada petugas yang disiapkan untuk mendatangi outlet-outlet secara bertahap, sejak sore hari Minggu (27/8/2017).

"Sambil menunggu tuntasnya proses pemulihan oleh petugas dari perusahaan provider, BNI menetapkan langkah-langkah pelayanan secara terbatas," ucapnya.

Langkah tersebut yakni pertama, mengerahkan BNI Layanan Gerak (BLG) atau mobil-mobil yang didesain untuk memberikan perlayanan perbankan secara mobile. Kedua, mengarahkan nasabah outlet-outlet yang terganggu jaringan komunikasinya ke outlet terdekat yang tidak mengalami gangguan.

"Untuk outlet yang tidak bisa dilayani BLG dan outlet terdekat cukup jauh (lebih dari 1 jam), maka diberikan layanan transaksi offline yang hanya terbatas untuk transaksi setoran tabungan saja," ujarnya.

Kiryanto menyampaikan permohonan maaf kepada para nasabah atas ketidaknyamanan bertransaksi yang dialami akibat gangguan jaringan komunikasi tersebut. BNI menghimbau agar nasabah juga menggunakan fasilitas electronic channel lainnya, yakni internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking, disamping penggunaan ATM. Dengan demikian nasabah tetap dapat terlayani oleh layanan BNI dengan optimal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: