Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Awali Roadshow #internerBAIK di Kota Santri

Telkomsel Awali Roadshow #internerBAIK di Kota Santri Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Telkomsel resmi memulai kampanye #InternetBAIK di kota Santri Sukabumi, yang rencananya pada tahun ini akan diselenggarakan di 15 kota.

Program CSR Telkomsel yang khusus diarahkan pada seruan penggunaan Internet secara BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif) ini akan menyasar setidaknya 650 orang penerima manfaat yang meliputi guru, orang tua murid dan anak-anak di setiap kota yang dipilih dalam bentuk seminar, workshop ?Cara Keren Edukasi Siswa dan Anak?, Jurnalisme Warganet dan Pembuatan Video Singkat untuk mendorong banyak komunitas memproduksi konten positif? dan inspiratif.??

General Manager Sales Regional Eastern Jabotabek Telkomsel, Badar mengatakan #InternetBAIK merupakan bentuk kontribusi dan kampanye Telkomsel dalam menciptakan ekosistem digital yang positif di Indonesia dan melibatkan berbagai stakeholders (pemangku kepentingan) dalam pelaksanaannya. Di tahun 2016, program ini telah melibatkan sebanyak 2.800 guru dan orang tua murid, 54 sekolah, 900 murid, dan 550 duta #InternetBAIK yang akan membantu proses edukasi ke masyarakat.

?Telkomsel melihat ekosistem digital di Indonesia perlu dibangun beriringan dengan semangat yang positif, sehingga dapat menghasilkan berbagai hal yang produktif bagi masyarakat. Untuk itu kami mengajak berbagai elemen masyarakat untuk berperan aktif membangun kesadaran penggunaan Internet yang positif dan Kota Sukabumi yang juga dikenal sebagai Kota Santri menjadi titik awal digelarnya rangkaian roadshow #internetBAIK.? katanya kepada wartawan, Rabu (30/8/2017).

Program #internetBAIK yang merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibilty Telkomsel diselenggarakan tahun lalu, dan merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial Telkomsel sebagai penyedia layanan seluler terdepan di Indonesia.?

Respon yang di dapat dari program ini pun sangat baik, dan hal ini kembali meyakinkan Telkomsel untuk terus mengedukasi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah.?

Dalam pelaksanaan roadshow seminar dan workshop #internerBAIK di kota Sukabumi yang digelar selama tanggal 29 sd 30 Agustus 2017 ini, Wakil Wali kota Sukabumi Achmad Fahmi berkesempatan hadir dan memberikan dukungan atas terlaksananya kegiatan tersebut yang juga melibatkan jajaran dari unsur Dinas Pendidikan Kota Sukabumi termasuk para pendidik seperti Guru, orang tua murid dan komunitas penggiat social media untuk bersama menciptakan ekosistem digital yang bermanfaat dan menjaga generasi muda dalam memanfaatkan internet denga baik sebagai sarana penyaluran kreatifitas yang positif dan bisa berkontribusi kepada kota Sukabumi.

Menurut Badar, tahun ini, #InternetBAIK menghadirkan konsep baru terkait pendidikan cyber wellness yang disebut Pendidikan Kewarganegaraan Digital Indonesia yang diharapkan bisa membantu para guru dan orang tua dalam membimbing dan mendamping anak-anak dan generasi muda agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara baik dan tidak melupakan nilai-nilai kepribadian bangsa.?

"Program ini juga diharapkan mampu mengajak lebih banyak pihak untuk waspada sejak awal terhadap hal-hal negatif di ranah digital seperti cyberbullying, berita hoax, pornografi dan cybercrime,"ujarnya

Penggunaan Internet yang bertanggung jawab artinya memanfatkan Internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruh dari Internet. Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan Internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

#InternetBAIK sebagai sebuah kampanye cyberwellness meliputi rangkaian aktivitas sosialisasi dan workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak (murid Sekolah Dasar kelas 4-6) dan remaja (murid Sekolah Menengah Pertama) sebagai entry level pengguna Internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping, sehingga pemahaman mengenai pemanfaatan Internet secara BAIK diharapkan dapat terwujud secara komprehensif.?

Badar menjelaskan dengan pertumbuhan trafik layanan data di kota Sukabumi dan sekitarnya yang mencapai 42% dibanding tahun sebelumnya, Kami merasa perlu menghadirkan layanan terdepan dan menyeluruh sambil bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat Sukabumi beserta jajaran pemerintah kota dalam menghadirkan eksosistem gaya hidup digital yang positif dan bermanfaat.

?Kami membuka kolaborasi dengan berbagai komunitas dan pemangku kepentingan terkait, sehingga kampanye ini bisa berkembang menjadi sebuah gerakan sosial yang meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai pentingnya penggunaan Internet yang BAIK," pungkasnya.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: