Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

ANTAM dan Pos Indonesia Lanjutkan Kerja Sama Strategis Bidang Penjualan Emas

ANTAM dan Pos Indonesia Lanjutkan Kerja Sama Strategis Bidang Penjualan Emas Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara, PT ANTAM (Persero) Tbk dan PT Pos Indonesia (Persero) melanjutkan kerja sama strategis bidang penjualan emas. Setelah Februari 2017 lalu diluncurkan dengan menyediakan 109 Kantor Pos yang bisa diakses masyarakat untuk membeli emas ANTAM, kini kedua Perusahaan memperluas jangkauan penjualan menjadi 204 Kantor Pos di Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan launching tahap ke-2 di Kantor Pos Manado, 11 September 2017 oleh Wakil Walikota Manado MOR Dominus Bastian, disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Propinsi Sulut, Muhammad Rudi Mokoginta, Direktur Jaringan, Ritel dan Sumber Daya Manusia Pos Indonesia, Ira Puspadewi dan Direktur Pemasaran ANTAM, Tatang Hendra.

Direktur Pemasaran ANTAM, Tatang Hendra mengatakan bahwa ANTAM berkomitmen kepada praktik pelaksanaan operasional yang baik, mulai dari eksplorasi, penambangan, pengeloaan lingkungan, pengolahan dan pemurnian sampai dengan penjualan.

?Kerja sama dengan Pos Indonesia ini diharapkan akan mendukung kinerja bisnis emas Perseroan. Melalui jaringan distribusi produk yang lebih kuat akan semakin mengokokohkan ANTAM sebagai satu-satunya produsen emas bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang menjamin kepastian berat dan kemurnian emas," ujar Hendra dalam keterangan resminya, Selasa (12/9/2017).

Kerja sama ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat membeli emas ANTAM di seluruh Kantorpos di Indonesia dan sebagai sarana me-leverage bisnis masing-masing BUMN. Bagi ANTAM dengan adanya kerjasama ini, jaringan pemasaran produk emas semakin luas dan menjadi salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen.

Sedangkan bagi Pos Indonesia, kerja sama ini meningkatkan pendapatan melalui bisnis layanan baru dengan segmen pasar pelanggan yang datang ke Kantorpos (walk-in customer), membentuk citra positif bahwa Pos Indonesia telah mampu menangani kiriman barang dengan kategori valuable goods, meningkatkan daya saing perusahaan dengan kompetitor, serta turut mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi atau menabung dengan membeli emas untuk masa depan.

Direktur Jaringan, Retail dan Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia, Ira Puspadewi mengatakan bahwa dukungan jaringan Pos Indonesia yang tersebar luas berjumlah lebih dari 24.000 titik layanan akan lebih memudahkan masyarakat untuk membeli emas, baik di Kantorpos Pemeriksa (Kprk) maupun Kantorpos Cabang Dalam Kota (Kpc DK) dan Luar Kota (Kpc LK).

Ira juga menjamin, program ini didukung oleh kehandalan teknologi informasi untuk proses pembelian/pemesanan dan transaksi pembayaran pengiriman (delivery) barang kategori valuable goods.

?Sehingga data transaksi dapat terekam dengan benar, akurat, cepat, memudahkan proses rekonsiliasi, settlement dan pelaporan untuk keperluan pemantauan dan evaluasi, baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi mitra,? terangnya.

Ruang lingkup kerjasama ANTAM dan Pos Indonesia mencakup penyediaan fasilitas penjualan, serta pembayaran dan distribusi produk emas Logam Mulia (LM) di Kantorpos. Sebanyak 205 kantor pos? diseluruh Indonesia merupakan bagian dari perjanjian kerja sama ANTAM dan Pos Indonesia. Pelanggan sudah dapat memesan emas LM mulai 0,5 gram sampai dengan 50 gram di 205 Kantorpos tersebut sejak tanggal 11 September 2017.

Pelanggan melakukan pembelian emas LM di kantor pos dengan sistem pemesanan. Selanjutnya ANTAM akan menggunakan layanan Pos Indonesia dalam hal pengiriman emas LM dari butik emas LM terdekat menuju lokasi Kantorpos tempat pembelian.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: