Lewat IPRA Kemkominfo Apresiasi WE Ciptakan Citra Positif Perusahaan
Warta Ekonomi (WE) menggelar malam penganugrahan Indonesia Public Relations Excellence Award (IPRA) 2017 di Balai Kartini, Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (29/9/2017). Penghargaan ini dirasa dapat meningkatkan kerja keras untuk bersaing di pasar nasional maupun internasional melalui strategi Public Relations (PR).
Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan pada sektor ekonomi digital saat ini memainkan peranan yang penting bagi Indonesia. Di dalam negeri imbuh Rosita hal ini sudah tidak diragukan lagi terutama di kota-kota besar barang-barang kebutuhan dasar semua yang dapat diperdagangkan dalam transaksi konvensional sudah dapat dilakukan dalam bentuk ekonomi digital.
"Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Warta Ekonomi atas upaya pemikiran dalam memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menciptakan pemberitaan positif serta citra baik perusahaan oleh kinerja PR di perusahaan tersebut," tutur Rosarita, Jakarta, kemarin.
Dengan adanya perubahan bisnis yang cepat itu, Indonesia telah memiliki startup unicorn Go-Jek atau pun Tokopedia yang bisa dicontoh oleh pengusaha rintisan lainnya. Pada kesempatan itu Rosita juga menyinggung peta jalan ekonomi digital yang didengungkan pemerintah saat ini. Hal itu diperlukan agar semua industri di Indonesia pada tahun 2020 bisa mencapai US$130 miliar.
Masih terkait transformasi digital Rosita menilai merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari dari tengah masyarakat ekonomi masif. Karena itu, pelaku ekonomi dituntut kompetitif agar dapat bersaing secara global.
"Kita perlu menyesuaikan proses bisnis perusahaan dengan perubahan dukungan. Bisnis kompetitor yang dihadapi adalah perusahaan-perusahaan tidak hanya kompetitor secara langsung tetapi juga kompetitor yang baru hadir. Mereka tentunya membawa inovasi baru dengan konsep bisnis yang berkembang," terangnya.
Apalagi Rosita beralasan saat ini proses investasi di Indonesia menjadi mudah usai dikeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid 14 mengenai e-Commerce.
"Perubahan ini juga perlu diantisipasi adanya perubahan di dunia digital para profesional kita harus mengembangkan kembali kepercayaan dan citra baik perusahaan kepada masyarakat melalui digital PR. Dengan adanya program-program yang disampaikan melalui digital tentunya perusahan-perusahaan akan dapat berkiprah tidak hanya secara nasional tetapi juga secara internasional," ucapnya.
Rosita berpendapat penghargaan yang diberikan Warta Ekonomi kepada pemenang yang meliputi perusahaan, kementerian, lembaga maupun tokoh bisnis sebagai langkah awal pembinaan yang berkelanjutan. Sehingga bisa menciptakan pengertian antar organisasi, publik serta menumbuhkan kepercayaan citra baik kepada seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan.
"Secara keseluruhan untuk tingkatkan komitmen untuk terus meningkatkan citra baik citra positif bagi Indonesia," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi
Tag Terkait:
Advertisement