Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Siapkan Rencana Mitigasi Infrastruktur Telekomunikasi di Bali

Telkom Siapkan Rencana Mitigasi Infrastruktur Telekomunikasi di Bali Kredit Foto: Telkom
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Telekomunikasi?Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tengah mempersiapkan berbagai skenario mitigasi infrastruktur dan layanan telekomunikasi di lokasi-lokasi sekitar Gunung Agung dengan asumsi dampak bencana dengan radius 12km, 25km, 50km, hingga 100km.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menjelaskan bahwa hingga saat ini kondisi layanan TelkomGroup secara umum berfungsi normal, baik telepon, internet, maupun selular. Selain itu, infrastruktur telekomunikasi pun dalam kondisi baik.

"Kondisi infrastruktur pada radius 12 kilometer dari puncak Gunung Agung dalam kondisi normal dan berjalan baik," ujar Zulhelfi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (30/9/2017).

Menurut Zuhelfi, pada radius 12 kilometer tersebut terdapat 4 STO, masing-masing STO Bangli, Amlapura, Candidasa dan Kintamani serta 36 sites base transceiver station (BTS). Selain itu, terdapat empat optical line termination (OLT), yakni di Tulamben, Sidemen, Bukit Tengah, dan Bukit Penulisan.

"Untuk menjamin tetap terselenggaranya layanan, pemantauan dan pengamanan infrastruktur telekomunikasi adalah prioritas utama kami. Hal ini sebagai langkah guna menjaga layanan utama agar tetap berfungsi normal, khususnya untuk kebutuuhan komunikasi dan koordinasi penanggulangan bencana," lanjutnya.

Selain menjaga infrastruktur-infrastruktur tersebut, TelkomGroup juga menyiapkan mobile BTS Telkomsel, Access Point Wifi.id, Indihome Fiber, dan juga telepon kabel di lokasi posko untuk mendukung penanggulangan bencana.

Telkom juga telah membentuk Posko Siaga TelkomGroup Bencana Erupsi Gunung Agung di lokasi kantor Telkom Klungkung untuk menjaga layanan telekomunikasi baik itu fixed broadband maupun seluler sehingga masyarakat dapat melakukan komunikasi dengan cepat, mudah, dan nyaman.

Sebagai wujud BUMN Hadir untuk Negeri, Telkom juga mendirikan Posko Siaga yang siap memberikan sarana dan prasarana telekomunikasi di tiga lokasi, yakni Pos Komando di Karangasem, Posko Tanggap Darurat di GOR Swecapura, dan Pos Pantau Gunung Agung di Rendang, Karangasem.

Seluruh pos tersebut telah dipasang jaringan internet dan Telkom mengupayakan jaringan telekomunikasi terus beroperasi normal di lokasi-lokasi pengungsian.

Dalam menyalurkan bantuan, Telkom bersinergi dengan BUMN melalui posko BUMN Hadir untuk Negeri Tanggap Darurat Gunung Agung dibawah koordinasi posko utama PT ITDC Nusa Dua. Sinergi dalam penyaluran bantuan ini dimaksudkan agar bantuan tepat sasaran, tepat jenis, dan tepat lokasi serta tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya.

Posko ini dibagi ke dalam tiga wilayah yakni Posko Karangasem yang dikoordinir oleh BRI di mana Telkom tergabung di dalam wilayah ini; posko Klungkung yang dikoordinir oleh Pertamina; dan Posko Buleleng yang dikoordinir oleh ITDC.

Bantuan yang didistribusikan di antaranya berupa makanan siap saji, alas tidur, selimut, air bersih, susu bayi, masker, dan air minum kemasan. Bantuan lainnya seperti obat dan tenaga medis. Melalui berbagai bantuan dan langkah antisipasi ini, diharapkan upaya mitigasi bencana akan berjalan dengan baik dan mampu meminimalisir dampak bencana.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: