Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

September, Kredit UMKM Bank Mantap Tumbuh 185%

September, Kredit UMKM Bank Mantap Tumbuh 185% Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Mandiri Taspen Pos atau Bank Mantap hingga September tahun ini berhasil menyalurkan kredit ke sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp6,9 triliun. Capaian ini merupakan hal yang positif mengingat pertumbuhannya mencapai 185% dari periode yang sama tahun lalu.?

Direktur Utama Bank Mantap Josephus K Triprakoso mengatakan capaian tersebut banyak disumbang oleh penyaluran kredit pada segmen pensiunan. Dengan pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa kinerja perusahaan mengalami tren membaik di tengah kondisi makroekonomi dan daya beli masyarakat yang belum kondusif.

Pertumbuhan kredit itu dimotori oleh segmen pensiunan yang meningkat 368,7% dibandingkan periode sama tahun lalu menjadi Rp6,9 triliun, dengan rasio kredit bermasalah untuk kredit secara keseluruhan mencapai 0,62%.

"Selain kredit UMKM yang tumbuh, kredit non-UMKM perseroan juga melonjak menjadi Rp2,25 triliun atau tumbuh sebesar 97%," katanya di Jakarta, Selasa (11/10/2017).

Lebih lanjut Ia mengatakan, hingga kuartal tiga tahun ini bank yang berbasis di Bali itu juga berhasil mengumpulkan peningkatan dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp8,72 triliun atau meningkat 108,5% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Josephus menjelaskan komposisi DPK masih didominasi oleh deposito yaitu sebanyak 82,3 % disusul tabungan 17,3% dan giro sebesar 0,4%. Realisasi kredit secara umum yang disalurkan Bank Mantap mencapai Rp9,15 triliun atau melonjak 108,4% dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu yang mencapai Rp3,56 triliun.

Baca Juga: Cair-cair! KPU Bali Sudah Bayar Gaji Penyelenggara Pemilu

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: