AXA Mandiri & AXA melakukan roadshow antisipasi risiko selama dua hari yang menyasar berbagai kelompok masyarakat, yakni penyandang disabilitas, mahasiswa, dan remaja usia SMA agar tercipta masyarakat dengan budaya antisipasi risiko yang lebih baik di masa depan.
Director of In-Branch Channel AXA Mandiri Financial Services Tisye Diah Retnojati mengatakan rangkaian edukasi yang komprehensif ini dilakukan karena menginginkan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengantisipasi risiko sedari dini melalui manajemen pengelolaan keuangan dan risiko yang lebih baik.
"Hal ini sejalan dengan tujuan kami yaitu empower people to live a better life serta tujuan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/11/2017).
Rangkaian kegiatan AXA Mandiri & AXA ini terselenggara berkat kerja sama dengan berbagai pihak seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 6 Yogyakarta, ThisAble Enterprise, dan F?d?ration Internationale de Motocyclisme (FIM) dalam mengimplementasikan edukasi dan kampanye yang komprehensif di Yogyakarta.
Program yang dilakukan adalah pengelolaan keuangan kepada penyandang disabilitas di Yogyakarta agar kelompok masyarakat berkebutuhan khusus ini mendapatkan pengetahuan pengelolaan keuangan serta akses ke sektor jasa keuangan sehingga bisa lebih cakap mengelola keuangan dan mengantisipasi risiko di masa depan.
Bekerja sama dengan ThisAble Enterprise, lebih dari 50 insan disabilitas mendapatkan edukasi literasi keuangan. Perusahaan berharap kegiatan ini dapat memberdayakan kaum disabilitas di kota ini, di samping tentu saja membantu OJK dalam menumbuhkan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang saat ini masih relatif rendah yaitu 29,6%.
Selain program ini, AXA Mandiri & AXA melakukan kampanye keselamatan berkendara Road Safety: Starts from You! kepada ratusan mahasiswa-mahasiswi UGM guna meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya mengantisipasi risiko kecelakaan diri saat berkendara di jalan raya yang pada akhirnya akan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.
Chief Corporate Affairs Officer AXA Indonesia Benny Waworuntu menjelaskan kampanye ini dijalankan karena kepedulian perusahaan dalam membantu pemerintah mewujudkan tujuannya dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas seminimal mungkin, seperti yang tertera di Roadmap to Zero Accident.
"Dengan semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya mengantisipasi risiko kecelakaan diri, mereka bisa melindungi diri mereka dan orang lain saat berkendara," sebutnya.
Benny menambahkan kampanye keselamatan berkendara ini sudah dilakukan di Jakarta dan Semarang (Jawa Tengah) sepanjang tahun 2017 ini.
Selain memberikan teori keselamatan dalam berkendara serta bagaimana pengelolaan risiko melalui solusi perlindungan yang tepat, dalam implementasinya, AXA Mandiri & AXA menggandeng instruktur Dyan Dilato dari F?d?ration Internationale de Motocyclisme (FIM) untuk mempraktikan langsung tips dan trik berkendara yang aman.
Tak hanya itu, AXA Mandiri & AXA juga melakukan pengenalan profesi aktuaris kepada lebih dari 400 siswa-siswi SMAN 1 Yogyakarta dan SMAN 6 Yogyakarta yang dibalut melalui program Siswa Cerdas Siswa Mandiri guna menginspirasi mereka di masa depan dalam membangun dunia jasa keuangan non-bank Indonesia.
Bekerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM dan didukung oleh OJK, kegiatan ini selaras dengan Program Pengembangan 1.000 Tenaga Aktuaris yang digagas oleh OJK agar terciptanya perkembangan dunia asuransi yang berkelanjutan di masa depan mengingat aktuaris merupakan tulang punggung dalam dunia asuransi.
Selain di Yogyakarta, Siswa Cerdas Siswa Mandiri juga dilakukan di Jakarta, Medan (Sumatera Utara), Surakarta (Jawa Tengah), Pekanbaru (Riau), Padang (Sumatera Barat), Semarang (Jawa Tengah), dan Denpasar (Bali). Dengan berlangsungnya kegiatan hari ini di dua sekolah di Yogyakarta maka program ini telah diikuti oleh hampir 3.000 siswa SMA di delapan kota besar di Indonesia/
Chief Commercial Officer AXA General Insurance Kameswara Natakusumah menambahkan rangkaian kegiatan edukasi serta kampanye yang dilakukan di Yogyakarta adalah upaya perusahaan untuk menjadi mitra utama masyarakat dalam melindungi diri mereka sendiri serta orang-orang di sekitar mereka.
"Perusahaan siap untuk bermitra dengan berbagai pihak demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sadar akan antisipasi risiko," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait:
Advertisement