Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

146 Startup Ikuti Digital Lounge Hackhaton Festival

146 Startup Ikuti Digital Lounge Hackhaton Festival Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Sebanyak 146 tim, yang banyak menonjolkan solusi digital perkotaan, ikut serta dalam DiLo (Digital Lounge) Hackhaton Festival.

Managing Director Indigo.id, Ery Punta Hendraswara mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di berberapa kota diantaranya, Banda Aceh, Medan, Tanggerang, Bogor, Bandung, Jogja, Malang, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar.

"Sebagai komitmen kami sejak 2009, DiLo Hackhaton Festival kami gelar di 10 kota utama di Indonesia,? katanya kepada wartawan di Bandung, belum lama ini.

Ery mengatakan, pihaknya senang dengan performa event kemarin. Sebab, peserta terbanyak justru berasal dari luar Pulau Jawa yakni Banda Aceh 26 tim, Makassar 20 tim, dan Balikpapan 19 tim, sementara DiLo di pulau Jawa masing-masing puluhan tim per kota.

?Artinya terjadi pemerataan minat dan kemampuan dari peserta luar Pulau Jawa yang sebelumnya tertinggal. Ini sesuai dengan misi kami mendukung visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai negara digital terbesar di Asia tahun 2020,? jelas Ery.

Dia menjelaskan, pihaknya juga tambah senang karena aplikasi pemenang tiap kota membumi dan mengakar dengan menyasar solusi perkotaan.

Contohnya di Banda Aceh. Pemenangnya SmartCan IoT (IoT bobot tempat sampah), GAAN (boarding pas travel disatukan financial technology), dan Aceh Way (tracking, tagging & info untuk VOD).

Kemudian di Balikpapan, pemenangnya Woles (IoT farm), Hexacrew (dashboard smart city), dan Subuhnesia (aplikasi untuk wisata).

?Di Makassar, pemenangnya ada Wasdlabs yakni perangkat pengedali listrik berbasis IoT, Juku Eja marketplace untuk bahan bangunan, serta Pa? Komar sebagai penyambung petani dengan investor,? ungkap Ery.

Seperti diketahui,,DILo adalah Digital Inovation Lounge yakni Creative Camp yang dibangun guna menumbuhkan ekosistem yang sehat di bidang kreatif digital dengan harapan mampu menumbuhkan bibit-bibit digitalpreneur di Indonesia. Creative Camp ini dibangun oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia) dengan dukungan PT Telkom Indonesia yang kini telah tersebar di 15 kota di Indonesia.

Divisi Digital Service dan Indigo aktif mengaktivasi DiLo sejak lama. Sebelum Dilo Hackhaton ini, Agustus lalu, juga digelar DiLo Festival 2017 bertemakan "Local Digitalpreneur For National Competitiveness".

Kala itu, kegiatan digelar pada sembilan kota di DILo Bogor, DILo Depok, DILo Tangerang, DILo Bekasi, DILo Medan, DILo Surabaya, DILo Denpasar, DILo Solo, dan DILo Yogyakarta.??

Bentuk kegiatan DILo Festival 2017 ada tiga yakni Pameran Startup Digital, Seminar, dan Present Top 5 kompetisi lokal.?

"Pameran Startup Digital ini mengundang beberapa startup digital untuk berpartisipasi dan memperlihatkan karyanya kepada para peserta maupun tamu undangan yang hadir," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: