Sistem kelistrikan Regional Sumatera Utara saat ini surplus dengan cadangan daya sebesar 7 hingga 10%. Kondisi ini semakin memperkuat kehandalan listrik PLN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara.
Dengan kondisi demikian, PLN Wilayah Sumatera Utara optimis akan mampu meningkatkan kehandalan pasokan agar listrik surplus dapat benar-benar dinikmati oleh seluruh pelanggan PLN, terutama kalangan industri dan bisnis.
Pelayanan kehandalan pasokan listrik ini dibuktikan dengan Layanan Premium yang diberikan kepada Bandara Kualanamu untuk meningkatkan pelayanan sebagai Bandara Internasional di Indonesia.
"Perbedaan Layanan Reguler dengan Premium ini terletak pada kehandalan pasokan, atau dengan kata lain Pelanggan Premium tidak akan mengalami pemadaman sama sekali walaupun keadaan listrik sedang krisis sekalipun, sehingga pelanggan Premium tetap bisa beroperasioal secara optimal," katanya.
Selain itu, Layanan Premium ini bersumber dari dua Gardu Induk yang berbeda agar kestabilan tenaga listrik Pelanggan Premium Daya Besar terjaga. "Adapun Layanan Premium diantaranya Bronze, Silver, Gold dan paling tinggi adalah Platinum" kata Feby Joko Priharto, General Manager PLN Wilayah Sumatera Utara, Kamis (8/2/2018).
Dikatakannya, layanan Premium saat ini produk yang ditawarkan secara agresif kepada pelanggan industri dan bisnis.
"Hal utama yang ditawarkan adalah kapasitas dan kehandalan kepada pelanggan. Kami berani menjual ini bukan semata-mata hanya menjual, tetapi karena kami berani komit," ujarnya.
Selain Bandara Kualanmu, beberapa pelanggan lain sudah memakai Layanan Premium PLN, diantaranya adalah PT Tobacco Lestari untuk Bronze, Bandara Silangit untuk Bronze, PT Agincour Resources untuk Silver, serta Medan Centre Point untuk Silver.
"Gardu Induk yang disediakan untuk Bandara Kualanamu adalah Gardu Induk Kualanamu sendiri, yang siap menyuplai pasokan dari dua sumber yang berbeda sehingga ada redudancy dalam suplai sehingga layanan Premium ini tidak akan ada pemadaman sama sekali bagi pelanggan Premium Silver" ujarnya.
Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Arif Darmawan menyambut baik layanan Premium Silver ini karena dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai Bandara Internasional di Indonesia.
"Terimakasih kepada PLN. Dengan layanan Premium Silver ini, kami harapkan Bandara Kualanamu bisa meningkat yang sekarang Bintang 4, bisa menjadi Bintang 5," katanya.
Lewat jalinan kemitraan dengan pihak PLN ini juga, diharapkan stabilitas pasokan listrik ke Bandara Kualanamu selalu terjaga.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Ratih Rahayu