Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Tips Sukses Membangun Toko Online

Ini Tips Sukses Membangun Toko Online Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis e-commerce diprediksi akan terus berkembang dan menjadi salah satu faktor yang menentukan sukes tidaknya perekonomian di masyarakat. Sebab aktivitas konsumen era kini ternyata mendominasi dunia online. Sebagai seorang pengusaha, ada baiknya untuk tahu tentang tren yang sedang berkembang di masyarakat, seperti keberadaan toko online yang ternyata cukup membantu berkembangnya sebuah bisnis.

Ekonomi pun akan terus berkembang dengan semakin maraknya bisnis online. Bahkan, kini peran toko online juga menjadi sangat penting. Untuk itu, dalam membangun toko online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih bagi yang baru mengenal dunia online dan ingin mengembangkan bisnis melalui website toko online, seperti dilansir dari Mebiso.com.

1. Jangan terburu-buru meluncurkan website toko online

Ketika Anda tahu bahwa website toko online sudah menjadi tren bisnis saat ini, jangan lakukan itu jika Anda belum tahu kapan Anda harus menggunaknnya. Sebenarnya, menjalankan bisnis online dengan website bisa dilakukan kapan saja, tapi apa baik ketika kita belum sepenuhnya tahu tentang dunia bisnis atau toko online, tapi langsung menggunakan? Apa tidak akan membuat Anda lebih pusing?

Setidaknya, Anda adalah orang yang sudah aktif mengamati bahkan terlibat langsung dengan sistem jual beli secara online dengan menggunakan website. Anda akan tahu apa saja yang dibutuhkan oleh website toko online agar bisa digunakan dengan baik oleh pelanggan Anda. Jangan tergesa-gesa karena ingin mengikuti tren. Rencana dan tujuan Anda harus benar-benar jelas.

2. Letakkan fokus Anda pada pengguna, bukan hanya pada pelanggan

Saat Anda mulai beralih ke bisnis online, orientasi Anda kini bukan hanya untuk pelanggan, tapi pengguna atau pengunjung website Anda. Kenapa? Karena saat Anda memiliki website toko online, pengguna atau pengunjung adalah calon pelanggan Anda. Ketika mereka tidak memberikan penilaian menarik dari website Anda, bisa jadi mereka tidak bisa menjadi pelanggan Anda.

Sama halnya seperti ketika seseorang mengunjungi toko fisik Anda. Mereka yang ingin membeli produk Anda akan kembali berpikir ketika melihat pesaing jauh lebih baik dalam menata tokonya dibanding Anda. Ini tentang mereka yang datang dan ingin membeli, bukan yang sudah pasti membeli. Calon pelanggan potensial kita datang dari mereka yang ingin membeli produk, bukan yang hanya membutuhkan barang kita.

3. Uji semuanya dengan benar dan teliti

Saat Anda sudah siap memiliki website toko online, sebelumnya pastikan bahwa fitur umum dan utama sudah website Anda miliki. Mulai dari fitur shopping chart sampai dengan fitur testimonial pelanggan. Setiap toko online yang sukses menjual produk mereka adalah yang memberikan kemudahan kepada pengunjungnya.

Jika Anda menggunakan jasa developer, usahakan untuk mengoreksi setiap hasil dari pekerjaan mereka dan sesuaikan dengan kebutuhan website toko online Anda. Selebihnya bisa Anda tambahkan sendiri setelah Anda tahu ingin menambahkan fitur apalagi di dalam website toko online Anda.

4. Gunakan media sosial untuk pelengkap

Selain menggunakan website toko online untuk berjualan online, Anda juga bisa melengkapinya dengan media sosial. Hal ini karena memang tidak mudah membangun toko online dari nol seperti website toko online. Ini akan jauh lebih mudah ketika Anda mendekati pelanggan dengan media yang dekat dengan mereka, seperti media sosial.

Media sosial sangatlah dekat dengan masyarakat kita saat ini. Sudah banyak akun bisnis atau toko online yang menggunakan media sosial untuk berjualan dan membeli barang secara online. Kebiasaan masyarakat yang menjual dan membeli barang secara online melalui media sosial tidak bisa dihilangkan, tapi kitalah yang harus melengkapinya dengan website.

5. Cantumkan elemen media sosial ke dalam website

Setelah menggunakan media sosial sebagai pelengkap, kita juga bisa mencantumkan link atau elemen media sosial di website kita. Seperti ikon Facebook, Twitter, dan akun media sosial yang kita gunakan lainnya. Ini berguna untuk memperkenalkan media sosial kita kepada orang yang mengunjungi website kita. Mereka harus tahu di mana saja kita bisa ditemui dan dengan cara apa saja mereka bisa membeli produk kita.

6. Gunakan fitur mobile

Salah satu upaya kita untuk bisa diterima oleh pelanggan melalui website adalah dengan menyediakan kemudahan yang dekat dengan mereka. Salah satunya yaitu memudahkan mereka mengunjungi dan berbelanja di website kita melalui perangkat mobile. Serigkali pengunjung enggan kembali dan berbelanja karena website kita tidak support versi mobile dan itu tentu merepotkan mereka.

Kali ini kita harus tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan selain website yang responsif dan memiliki fitur lengkap, tapi juga yang mudah untuk diakses oleh pengunjung. Pastikan bahwa website Anda bisa diakses dan memiliki tampilan versi mobile sendiri. Anda bisa minta ini kepada developer Anda.

7. SEO menjadi kunci kesuksesan website di search engine

Kita semua tahu bahwa apa pun yang kita cari dan temukan di mesin pencari seperti Google itu berkat bantuan dari SEO atau Search Engine Optimization. Apakah Anda hanya ingin memiliki website dengan fitur lengkap dan tampilan yang menarik, tapi tidak mudah ditemukan oleh pengguna internet? Lalu apa gunanya?

Terapkan strategi SEO dalam mengembangkan website toko online Anda. Mulai dari SEO Onpage sampai SEO Offpage. Anda bisa belajar dari mana saja, mulai dari buku, internet sampai mengikuti training.

8. Dapatkan leads sebanyak mungkin dari website

Setelah Anda sibuk mengotak-atik website toko online, jangan lupa bahwa upaya bisnis Anda tidak berhenti sampai di sini. Pebisnis memiliki kewajiban mengelola pelanggan baik yang sudah lama maupun yang masih baru, termasuk mereka yang hanya berkunjung ke website kita. Bagi pebisnis online, mereka yang hanya datang tanpa membeli memberikan potensi yang besar untuk menjadi pelanggan. Itu sebabnya sedikit banyak yang datang perlu untuk kita kelola.

Kita bisa mulai dengan mengumpulkan setiap data orang yang datang ke website kita. Caranya bisa seperti menyediakan fitur newsletter untuk pelanggan. Pelanggan yang memasukkan nama atau alamat domain bisa kita gunakan nantinya untuk mengirimkan penawaran produk, informasi seputar bisnis kita sampai dengan memberikan mereka diskon produk. Dengan cara ini database kita untuk pelanggan dan pengunjung akan jauh lebih banyak.

9. Terus lakukan pengembangan untuk website Anda

Ini hal yang harus kita lakukan setelah semua hal di atas kita lakukan. Pengembangan website toko online sangat perlu kita lakukan karena setiap hari teknologi dan perkembangan seputar website dan SEO akan terus berkembang. Saat kita puas dan hanya mengandalkan yang sekarang ini, bisa jadi kita tertinggal untuk menjadi website yang berkembang. Kita bisa mencari referensi mulai dari tampilan, fitur sampai dengan proses pemasaran website-nya sendiri.

10. Gunakan layanan yang membantu Anda untuk sukses Go Online

Nah, yang terakhir adalah mencari partner yang tepat untuk membantu kita sukses Go Online. Dalam strategi bisnis apa pun, membangun hubungan dengan orang lain atau bisnis lain adalah cara yang bisa kita lakukan.  Dengan kemudahan ini, kita bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis dan untuk urusan website kita bisa serahkan kepada ahlinya.

Menggunakan jasa yang membantu kita untuk sukses Go Online memang tidak mudah ditemukan. Apalagi yang benar-benar membantu kita berkembang. Rata-rata mereka hanya menyediakan apa kita kita butuhkan, bukan apa yang customer atau pelanggan kita butuhkan. Padahal, yang lebih penting adalah menyediakan kemudahan bagi kita sebagai pemilik bisnis online dan pelanggan sebagai orang yang penting bagi bisnis kita.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: