Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Edukasi Optimalkan Penjualan Online, Komunitas Bukalapak Gandeng JNE

Edukasi Optimalkan Penjualan Online, Komunitas Bukalapak Gandeng JNE Kredit Foto: Bukalapak
Warta Ekonomi, Jakarta -

Memiliki misi memajukan UKM di seluruh penjuru Indonesia, Komunitas Bukalapak terus berusaha mewujudkannya dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bermanfaat bagi seluruh pelapak. Sabtu (17/3/2018) kegiatan Kopdar Komunitas Bukalapak berlangsung di Kota Khatulistiwa, Pontianak. Bertempat di sebuah warung, kopdar tersebut justru menambah keakraban dan tidak menyurutkan semangat para pelapak di Pontianak untuk berbagi informasi mengenai meningkatkan penghasilan dalam berjualan online.

Kopdar Komunitas Bukalapak Pontianak kali ini menghadirkan perwakilan dari mitra logistik Bukalapak yaitu JNE yang akan berbagi tips mengenai pengemasan barang.

Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri mengatakan, tema yang diusung dalam kopdar Komunitas Bukalapak Pontianak ini adalah "Bagaimana Meningkatkan Penghasilan dengan Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak".

"Yang membuat kopdar kali ini terasa istimewa adalah kehadiran perwakilan dari JNE agar para pelapak Bukalapak dapat memahami bahwa aspek pengemasan barang itu penting agar para pembeli dapat merasa puas dan barang juga terlindungi," kata Fikri di Jakarta.

Muhammad Fikri menambahkan bahwa selain menghadirkan narasumber dari JNE, salah satu Pelapak Jawara dan Ranger Komunitas Banten juga akan melakukan bedah lapak seperti tips dan trik dalam penulisan judul produk, bagaimana foto produk yang baik, dan sebagainya. Dengan begitu, agenda kopdar kali ini sarat dengan praktik langsung oleh para peserta yang hadir.

"Kami sebagai mitra Bukalapak dalam menyediakan jasa layanan pengiriman siap membantu Bukalapak dalam mewujudkan visinya untuk menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia. Melalui sejumlah layanan yang kami punya, diharapkan kegiatan bisnis online para pelapak dapat berjalan maksimal memenuhi kebutuhan pembelinya di mana pun mereka berada," tambah Sales Corporate JNE Pontianak Dery Prayogi.

Dery Prayogi juga menuturkan bahwa pihaknya sangat senang dapat berbagi dengan para pelapak mengenai bagaimana pengemasan barang yang baik. Fungsi mendasar dari pengemasan adalah melindungi produk dari kerusakan-kerusakan. Pengemasan jenis-jenis barang tertentu juga tidak bisa sembarangan.

"Di samping itu, penulisan alamat pengirim dan penerima juga harus dilakukan secara tepat sehingga produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Hal tersebut sangat penting agar para pengguna Bukalapak dapat dengan nyaman berbelanja di Bukalapak," ucapnya.

Komunitas Bukalapak Pontianak ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan produk lokal setempat dan bisa diikuti oleh Komunitas Bukalapak di kota lainnya. Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 83 kota di seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini jumlah pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari 2,2 juta pelapak.

"Di Komunitas Bukalapak, kita percaya dengan konsep gotong royong dan kolaborasi. Sukses sendirian itu biasa, sukses bersama-sama itu baru luar biasa. Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang berkesempatan menjadi pahlawan bangsa," tutup Muhammad Fikri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: