Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan layanan chatbot SABRINA, platform e-commerce Indonesia Mall serta memoles tampilan laman resmi korporat. Hal ini dilakukan seiring mengikuti perkembangan teknologi digital untuk memberikan kemudahan transaksi bagi para nasabahnya.
SABRINA (Smart BRI New Assistant) merupakan virtual assistant chat yang dihadirkan sebagai sebuah terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. Layanan SABRINA memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat.
Melalui aplikasi Facebook Messenger dan aplikasi Telegram, nasabah cukup mengklik like dan follow akun BANK BRI di Facebook Messenger atau mengakses Telegram dengan menginput @BANKBRI_ID_BOT.
"Inovasi ini merupakan wujud komitmen BRI untuk memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI," ujar Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto.
Sebagai bentuk dukungan terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia, BRI mengembangkan Indonesia Mall, platform e-commerce untuk mendorong UMKM go online. Produk unggulan dari UMKM binaan BRI dapat langsung di akses di e-commerce rekanan dan dapat membantu UMKM tersebut untuk meningkatkan jangkauan penjualan produk mereka.
"Indonesia Mall merupakan salah satu strategi Bank BRI untuk mendorong pelaku UMKM go online, memanfaatkan e-commerce untuk memperluas kapasitas dan kapabilitas sehingga mampu mendorong Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara," lanjutnya.
Dengan menggunakan Indonesia Mall, nantinya UMKM binaan Bank BRI cukup mengunggah produk mereka satu kali dan dapat terhubung ke beberapa e-commerce sekaligus. Saat ini kerja sama dimulai dengan meluncurkan Indonesia Mall di platform lazada.co.id, bukalapak.com, dan blanja.com.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah