PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) memperkenalkan inovasi terbarunya yakni aplikasi HomeTerminal pada international event TOC Asia yang bersamaan dengan Singapore Maritime Week yang diselenggarakan di Marina Bay Sands, Singapura selama dua hari (24-25 April 2018).
TOC Asia merupakan event bergengsi yang terkait dengan dunia pelayaran, pelabuhan, dan terminal. Acara tersebut mempertemukan shippers, logistics providers, shipping lines, 3PLs, port authorities, terminal operators, serta menyajikan perkembangan teknologi terbaru.
Commercial & Operational Director Pelindo III Mohammad Iqbal yang menjadi salah satu narasumber di TOC Asia memberikan paparan terkait kondisi beberapa pelabuhan yang masih memiliki banyak permasalahan, mulai dari kemacetan lalu lintas, antrean di pusat pelayana,n hingga biaya yang tidak transparan.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Pelindo III berinovasi menciptakan aplikasi Home Terminal Port Solution in 1 Touch yang secara resmi diluncurkan pada awal Februari lalu di Jakarta.
"HomeTerminal merupakan aplikasi yang diciptakan untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan. Pelayanan kepelabuhan di era sekarang ini harus mudah, cepat, dan transparan sesuai yang kami terapkan di aplikasi tersebut," paparnya.
Dirinya juga menjelaskan, terdapat empat fitur layanan yang terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS), yakni mulai dari vessel service, port activities, logistics, dan container management. Keempat fitur tersebut juga memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara real-time online melalui smartphone.
Lebih lanjut, aplikasi yang pertama di Indonesia ini memberikan kemudahan bagi pengguna jasa pelabuhan dari segi operasional, pengiriman, dan logistik. Selain itu, pengguna jasa juga memperoleh manfaat berupa efisiensi karena pengurangan biaya operasional.
HomeTerminal juga sebagai marketplace karena merupakan media marketing serta informasi ke customer dan pasar. Pengguna jasa bisa memilih jasa kepelabuhan dari penyedia jasa yang ada di pelabuhan dengan harga yang telah ditetapkan secara transparan.
Tahap awal aplikasi HomeTerminal diimplementasikan untuk vessel service dan diperluas ke layanan terminal atau port activities di seluruh terminal di Pelabuhan Tanjung Perak. Selanjutnya, di bulan April penerapannya meningkat hingga layanan logistik sampai berlanjut ke container management.
"Kami yakin ketika HomeTerminal sudah beroperasi penuh menangani semua layanan, kegiatan kepelabuhanan menjadi sangat efisien karena birokrasi menjadi lebih singkat," tuturnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah