Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jalin Sinergi Antar-BUMN, Pos Indonesia Gandeng BRI

Jalin Sinergi Antar-BUMN, Pos Indonesia Gandeng BRI Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI melangsungkan perjanjian kerja sama pada Jumat (24/4/2018) yang merupakan bagian sinergi antar-BUMN.

Dalam penandatanganan yang berlangsung di Menara BRI Jakarta, PT Pos Indonesia (Persero) diwakili Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Ihwan Sutardiyanta dan Direktur Sumber Daya Manusia Agus F. Handoyo sementara dari Bank BRI diwakili Direktur Hubungan Kelembagaan Sis Apik Wijayanto.

Ihwan Sutardiyanta menjelaskan, kerja sama ini meliputi tiga hal. Pertama, kerja sama penempatan dan penerimaan transaksi dengan perangkat electronic data capture (EDC) Bank BRI di PT Pos Indonesia. Kedua, kerja sama penyelenggaraan fasilitas pengelolaan pembayaran payroll pegawai pos Indonesia, penyediaan kartu BUMN, kartu kredit, dan kredit konsumer BRI bagi pegawai Pos Indonesia. Lalu terakhir, fronting kredit dan yang keempat pemotongan uang pensiun untuk angsuran kredit pensiun.

"Kerja sama dengan Bank BRI ini, selain merupakan upaya Pos Indonesia untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa, juga sebagai upaya meningkatkan sinergi antar-BUMN," ujar Ihwan dalam keterangan yang diterima.

Lanjutnya, kerja sama ini merupakan pengembangan dari kerja sama yang telah dijalin Pos Indonesia dan Bank BRI sebelumnya. Melalui kekuatan jaringan yang dimiliki Pos Indonesia dan Bank BRI, dirinya berharap kerja sama ini dapat membawa manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Direktur Keuangan dan Umum PT Pos Indonesia Eddi Santosa menambahkan, Bank BRI dan Pos Indonesia merupakan dua institusi tertua di Indonesia. BRI sudah lebih dari 100 tahun dan Pos sudah hampir 300 tahun. Keduanya sudah memiliki kekuatan jangkauan jaringan yang sangat luas di berbagai daerah, termasuk di daerah terpencil.

Lanjut Eddi, dirinya melihat kolaborasi serta sinergi antara Pos Indonesia dan Bank BRI sangat menjanjikan. Karena itu, ia berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan lebih jauh dan lebih strategis lagi. Dengan begitu, potensi-potensi yang dimiliki kedua institusi ini, yaitu potensi konsumen, outlet-outlet yang dimiliki kedua pihak, semua bisa dimanfaatkan setinggi-tingginya untuk kemajuan negeri ini.

Sementara itu, Sis Apik menyatakan apresiasi kepada Pos Indonesia karena telah mempercayakan kebutuhan layanan keuangan, baik perusahaan maupun pegawainya kepada Bank BRI.

"Melalui kerja sama hari ini, kami ingin menjadi one stop financial services, di mana sebelumnya kami juga telah menyediakan berbagai layanan keuangan kepada Pos Indonesia, seperti cash pick up, payroll gaji pegawai, dan cash management system," pungkas Sis Apik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: