Manajemen PT Telkom Papua mengonfirmasi pada 28-30 April 2018 kualitas layanan komunikasi milik Telkom Grup akan menurun dikarenakan sedang dilakukannya proses perbaikan kabel optik di wilayah perairan Sarmi, Provinsi Papua.
General Manager Sales Telkomsel Regional Papua Maluku Ismu Widodo di Jayapura, Sabtu (28/4/2018), menjelaskan dampak dari proses perbaikan tersebut mengakibatkan kurang optimalnya layanan data yang bisa diakses pelanggan Jayapura dam sekitarnya.
"Sedangkan untuk akses komunikasi suara (voice) dan teks (sms) tetap normal," ujarnya.
Ia pun mengklarifikasi informasi yang tersebar di tengah masyarakat bahwa layanan data milik Telkom Grup di Jayapura akan dihentikan pada 28-30 April 2018 adalah tidak benar dan dikeluarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
"Kami berharap pelanggan tidak percaya tentang informasi apa pun yang sifatnya tidak resmi atau mengatasnamakan Telkomsel," kata dia.
Sementara Vice President Corporate Communication PT Telkom Arif Prabowo melalui rilis yang diterima mengungkapkan untuk kelancaran penyambungan kabel laut tersebut, dimungkinkan terjadinya penurunan kualitas layanan di beberapa daerah yakni Biak, Manokwari, dan Bintuni antara 28 hingga 30 April 2018.
Hal ini mengingat layanan komunikasi sementara akan dilayani menggunakan sistem komunikasi satelit dan radio IP.
"Pekerjaan penyambungan kabel diperkirakan selesai secara menyeluruh pada tanggal 5 Mei 2018 pukul 24.00 WIT sehingga diharapkan layanan untuk daerah Jayapura dan Sarmi akan kembali normal menggunakan SMPCS mulai tanggal 6 Mei 2018," katanya. (FNH/Ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Fauziah Nurul Hidayah