Ini Alasan Domain (dot)com Tetap Jadi Pilihan Utama Bisnis Masa Kini
Situs web telah menjadi elemen penting dari keberadaan online sebuah perusahaan dan memungkinkan bisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan serta memainkan peran penting dalam memperkuat keberadaan bisnis tersebut.
Memandang hal tersebut, perusahaan yang mengoperasikan beragam jaringan termasuk internet name server root Verisign membeberkan tips bagaimana bisnis selalu tumbuh dengan cara menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
"Domain (dot)com telah membuat situs web mereka dikenal oleh khalayak yang lebih luas, tidak hanya dari luar kota asal mereka, tetapi juga dari berbagai kota di seluruh Indonesia dan negara-negara lainnya seperti Singapura, Jepang, Australia, Malaysia, dan Amsterdam," tulis Verisign dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/4/2018).
Selain itu, mereka juga dapat memperluas bisnis dan menciptakan kolaborasi yang lebih besar dengan banyak pengusaha di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, dan Banjarmasin.
"Domain (dot)com membuat situs web mereka tampak lebih kredibel karena domain (dot)com adalah ekstensi domain yang sudah ada sejak lama dengan lebih dari 130 juta pendaftaran," imbuhnya.
Verisign menyebut jutaan bisnis di seluruh dunia mendaftarkan situs web mereka dengan domain (dot)com karena pengakuan dan kredibilitas dari ekstensi domain tersebut. Selain nama-nama yang populer, menarik, dan deskriptif, berbagai fakta juga menunjukkan bahwa banyak nama domain (dot)com yang pendek dan sudah terdaftar sebelumnya sekarang tersedia dan didaftarkan oleh berbagai perusahaan dan individu setiap hari.
"Dengan semakin meningkatnya kreativitas dan langkah strategis para pebisnis dalam mendaftarkan nama domain, mereka akan terus mempercayai (dot)com sebagai standar global untuk melakukan bisnis online. Menemukan nama domain (dot)com yang sesuai, baik singkat maupun deskriptif untuk bisnis Anda dapat menjadi langkah penting dalam membangun keberadaan online yang menarik," lanjutnya.
Saat ini, organisasi dapat memilih dari sekitar 1.500 generic top-level domains (gTLD) yang berbeda, seperti (dot)loan, (dot)top, (dot)club, (dot)vip, (dot)win, (dot)online, (dot)site, (dot)shop, (dot)xyz, (dot)bank, (dot)dating, dan mendaftarkan nama domain tersebut untuk situs web mereka. Menurut laporan Domain Name Industry Brief (DNIB) Verisign, ada 39 gTLD baru yang didelegasikan pada akhir tahun lalu.
"Perusahaan harus bijaksana dalam memilih ekstensi domain yang tepat untuk bisnis mereka. Ada banyak contoh yang menunjukkan bahwa sebelumnya perusahaan tertarik dengan berbagai ruang baru di internet dengan harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari dan akhirnya menyadari bahwa nama domain baru yang unik tidak berhasil membantu meningkatkan kehadiran bisnis mereka secara online," tulisnya kembali.
Shoes and Care merupakan salah satu contoh UKM yang sukses menggunakan (dot)com sebagai domain situs web. Dengan visi global mereka, perusahaan jasa pembersih sepatu ini bercita-cita menjadi perusahaan multinasional yang sukses.
"Cita-cita untuk ekspansi global membuat mereka mendaftarkan shoesandcare.com sebagai situs web mereka karena mereka menyadari berbagai kelebihan dan keefektifan dari hal tersebut untuk meningkatkan nilai dari brand mereka," tutupnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah
Tag Terkait: