Pembangunan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) di Provinsi Jawa Timur terus dikebut penyelesaiannya dan ditargetkan rampung pada akhir 2018. Jalan tol ini merupakan bagian Tol Trans Jawa dengan panjang total 34,15 km yang terbagi menjadi tiga seksi.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan Seksi 2 Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 km siap untuk dilalui fungsional dengan kondisi sudah rigid pavement.
“Sebenarnya sudah siap operasional sebelum mudik, namun kita gratiskan saat mudik sebagai bagian dari sosialisasi tol ini kepada masyarakat,” jelas Basuki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (14/5/2018)
Presiden RI, Joko Widodo, menuturkan jalan tol dari Merak sampai Pasuruan bisa dilalui saat mudik Lebaran meskipun ada beberapa kilometer yang masih fungsional.
Seksi I yakni Gempol-Rembang (13,9 km) sudah beroperasi sejak tahun 2017 dari Simpang Susun Gempol hingga GT Rembang. Seksi III Pasuruan-Grati (13,65 km) saat ini masih dalam konstruksi dengan progres 24,2%.
Dengan fungsionalnya seksi 2, pemudik nantinya bisa keluar dan transaksi pembayaran di Gerbang Tol Pasuruan sekaligus akses lebih dekat ke Kota Pasuruan. Fasilitas tempat istirahat juga telah disiapkan berupa area parkir dan rumah makan di KM 16A.
Apabila terjadi kepadatan jalan akses Pasuruan (antrean mencapai 2 km sebelum gerbang), maka pengguna jalan tol dari Gempol akan diarahkan untuk keluar Gerbang Tol Rembang yang berada sebelumnya.
“Keputusan dibuka atau tidaknya berada di tangan Korlantas, kita siapkan infrastrukturnya saja,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Herry Trisaputra Zuna.
Pengusahaan Tol Gempol-Pasuruan dilakukan oleh PT Jasamarga Gempol Pasuruan dengan nilai investasi Rp4,03 triliun dengan masa konsesi 45 tahun. Tol ini tersambung dengan Tol Surabaya-Gempol yang sudah beroperasi dan Tol Pasuruan-Probolinggo yang masih dalam tahap konstruksi.
Kehadiran tol Gempol-Pasuruan meningkatkan kemudahan arus logistik karena Gate Tol Rembang berlokasi yang tidak jauh dari Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Di samping itu, menjadi jalur alternatif menuju Kota Pasuruan yang selama ini dilayani oleh jalan arteri nasional.
Sementara untuk ruas Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) saat ini progresnya sebesar 70,96%. Tol tersebut ditargetkan akan tersambung pada akhir 2018 hingga Probolinggo sepanjang 33,3 km. Kemudian, dilanjutkan dari Probolinggo hingga Banyuwangi yang ditargetkan selesai akhir tahun 2019.
Pengusahaan Tol Paspro oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol dengan investasi sebesar Rp3,55 triliun dengan pemegang saham mayoritas PT Waskita Karya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ratih Rahayu
Editor: Ratih Rahayu