Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belajar Inovasi Bisnis Lewat Boardgame 'Business Craft'

Belajar Inovasi Bisnis Lewat Boardgame 'Business Craft' Kredit Foto: Ning Rahayu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Corporate Innovation Asia (CIAS), konsultan inovasi bisnis di Jakarta, memperkenalkan sebuah solusi berupa metode belajar inovasi bisnis menggunakan media permainan papan (boardgame) yang bernama BusinessCraft, Kamis (24/5/2018) di fx Sudirman, Jakarta.

Melalui permainan ini para pelaku usaha dapat belajar prinsip-prinsip kunci terkait strategi membangun dan mengembangkan bisnis dengan cara yang cepat, mudah dan menyenangkan. BusinessCraft dibuat atas kerja sama CIAS dengan Kummara, sebuah perusahaan desain game dari Bandung. 

CIAS bersama Kummara dan Klub lnovator Bisnis menyeienggarakan event BusinessCraft Play-Day, yaitu sebuah aktivitas belajar sambil bermain BusinessCraft secara bersama-sama. Event yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 16.00 WIB ini diikuti oieh 150 pemain. Bukan hanya para pelaku UKM dan anggota komunitas bisnis yang bermain, namun juga tim yang mewakiii perusahaan-perusahaan besar di Indonesia ikut turut serta. 

Adapun perusahaan-perusahaan yang mengirimkan timnya ke event ini di antaranya adalah PT Nutrifood Indonesia, PT Nestle Indonesia, Telkomsel, PT Nokia Indonesia, Permata Bank, PT Kansai Prakarsa Coatings, PLN Corporate University, PT PLN (persero) pusdiklat, PT PZ Cussons Indonesia, PT Finnet Indonesia, Kalbis Institute, PT Sigma Cipta Utama, dan PT MSI Investasi. Sementara komunitas bisnis yang juga turut serta di antaranya G-Coach, Komunitas Tangan di Atas, Komunitas Saudagar Nusantara, Provokasi, STIFIN Institute, Komunitas SuksesMulia, dan HCI Elite.

"Permainan papan BusinessCraft menghadirkan tingkat engagement yang tinggi (keterlibatan aktif para pemain) dan itu merupakan kunci keberhasilan sebuah proses pembelajaran sehingga dalam waktu 2 jam saja, para pemain dapat menguasai cara mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan," ungkap CEO Corporate Innovation Asia (CIAS), Indrawan Nugroho, di sela-sela aktivitasnya memfasilitasi permainan.

Satu papan permainan BusinessCraft dapat dimainkan oleh 3 hingga 15 orang. BusinessCraft dapat dimainkan secara mandiri. Namun demikian, permainan papan ini akan lebih optimal jika dimainkan dengan panduan seorang fasilitator yang bersertifikat dari CIAS dan Kummara. Fasilitator tersebut bukan hanya berperan untuk memandu jalannya permainan, tetapi juga membantu pemain untuk menemukan poin-poin pembelajaran yang penting hingga menuangkan hasil pembelajaran tersebut ke dalam bentuk rencana aksi nyata dalam bisnisnya. 

Proses pembuatan papan permainan BusinessCraft membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Sebelum resmi diluncurkan, BusinessCraft telah diujicobakan ke berbagai jenis pemain dari beragam latar belakang dan rentang usia. Hasilnya, BusinessCraft terbukti dapat dimainkan dan memberi manfaat pembelajaran yang dalam untuk siapa pun yang memainkannya. Papan permainan BusinessCraft dijual seharga Rp500.000. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ning Rahayu
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: