Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transaksi e-Commerce Alami Kenaikan 25% Sepanjang Piala Dunia

Transaksi e-Commerce Alami Kenaikan 25% Sepanjang Piala Dunia Kredit Foto: Sumber lain
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sepanjang perhelatan Piala Dunia, situs agregator e-commerce ShopBack mencatat terjadi peningkatan sekitar 20%-80% pada traffic kunjungan dan pageviews di keenam e-commerce terbesar di Indonesia. Keenam e-commerce itu di antaranya Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID. Jumlah kunjungan pun stabil cenderung naik hingga berakhirnya ajang Piala Dunia.

Country Head Shopback Indonesia, Indra Yonathan, mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan,  transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tahun ini menunjukkan hal yang sebaliknya, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata mengalami peningkatan hingga 25%.

"Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat serta momen piala dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo," kata Indra dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Sementara itu, nilai transaksi juga peningkatan hingga 27% selama satu bulan pelaksanaan Piala Dunia 2018. Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback Indonesia dari 15 Juni hingga 15 Juli 2018. Shopback merupakan platform gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk belanja online secara cermat dan bijak. Saat ini, Shopback, memiliki lebih dari 100 mitra e-commerce di Indonesia serta lebih dari 2 juta pengguna melakukan transaksi di Shopback.

Adapun kategori produk yang mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni fesyen, pulsa, travel, mobile/gadget, serta makanan. Makanan dan pulsa merupakan dua produk yang mengalami peningkatan yang tidak biasa untuk bulan Juli.

"Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, di mana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan euforia Piala Dunia," tuturnya.

Terkait produk fesyen, jersey bola cukup banyak dicari di platform e-commerce, berdasarkan data dari Alexa.com, 19,31% share of voice keyword "jersey bola" di Indonesia ada di Tokopedia dan sisanya muncul di beberapa platform marketplace ternama lainnya, seperti Lazada (13,05%), Bukalapak (12,9%), JD.ID (7,53%), dan Blibli.com (5,43%).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Fauziah Nurul Hidayah

Bagikan Artikel: