Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

AP II Butuh Rp500 Miliar untuk Kembangkan Dua Bandara Ini

AP II Butuh Rp500 Miliar untuk Kembangkan Dua Bandara Ini Calon penumpang pesawat berada di ruang tunggu penerbangan domestik di Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/6). Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang dibangun dengan investasi sebesar Rp2,2 triliun tersebut mulai beroperasi pada Rabu (6/6) dan dijadwalkan akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (7/6). | Kredit Foto: Antara/R. Rekotomo
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Angkasa Pura II membutuhkan sekitar Rp300-500 miliar untuk investasi pengembangan Bandara Radin Inten II Lampung dan Bandara Fatmawati Bengkulu yang pengelolaannya baru diserahkan dari pemerintah, yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Total Rp3,4 triliun untuk semua bandara, tapi untuk contoh alokasi kami tahap awal pascapengalihan Rp300-500 miliar per bandara," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin usai penandatanganan kerja sama pengoperasian di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Awaluddin menjelaskan banyak yang harus dikembangkan dari kedua bandara tersebut seiring dengan pertumbuhan pergerakan, baik pesawat maupun penumpang. Di Bandara Lampung sendiri sudah hampir tiga juta penumpang per tahun, sementara di Bandara Bengkulu sudah lebih dari satu juta penumpang.

"Terminal jadi prioritas, landasan pacu ditambah panjangnya, peralatan navigasi tambahan sarana dan prasarana, overlay airfield lighting itu kita harus tambah karena kelasnya harus meningkat di samping terminal," katanya.

Dia menambahkan investasi di sisi udara juga diperbolehkan yang nantinya akan ada dua kontribusi, yaitu sebagai pengganti penerimaan negara bukan pajak, serta bagi hasil tambahan pengelolaan bandara.

Awaluddin menuturkan dengan pengembangan bandara menjadi lebih baik dari segi pelayanan serta fasilitasnya diharapkan akan menarik maskapai untuk memperbanyak rute-rutenya ke kedua bandara tersebut.

"Kondisinya selalu telur dan ayam antara permintaan dan ketersediaan, kalau yang terjadi banyaknya kondisi permintaan, tapi kadang-kadang maskapai melihat kondisi ketersediaan dulu, seperti apa kalau sarana dan prasarana tidak mendukung maskapai juga sulit. Ketersediaan dulu kita benahi," katanya.

Dia mencontohkan beberapa bandara yang berkembang karena fasilitas dan pelayanan diperbaiki terlebih dahulu, yaitu Bandara Banyuwangi dan Bandara Silangit.

"Itu adalah contoh konkret bagaimana kondisi ketersediaan diperbaiki, maka permintaan naik demand naik dengan sendirinya, sarana dan prasarana kita upgrade, ada backlog apronnya sempit 18.000 meter persegi," katanya.

Awaluddin menambahkan ke depannya juga dimungkinkan akan dibuat terminal atau bandara penerbangan berbiaya murah (LCC).

"Nanti kita kaji dulu yang mana yang layak karena di luar Soekarno-Hatta, ini single terminal, di Soekarno-Hatta kan multiterminal," katanya.

Direktur Kebandarudaraan Kemenhub Polana mengatakan permintaan Gubernur Provinsi Lampung, yakni bandara tersebut akan dijadikan embarkasi haji.

"Memang ada permintaan dari Gubernur Lampung, tapi yang memutuskan dijadikan embarkasi atau tidak itu Kementerian Agama," katanya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: