Bidik Transaksi Rp7 Triliun, Harbolnas Kembali Hadir 11-12 Desember
Pesta belanja online terbesar di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), kembali hadir pada 11-12 Desember mendatang. Tahun ini, Harbolnas menargetkan nilai transaksi hingga Rp7 triliun meningkat hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu. Selain itu, 11 Desember didedikasikan penuh untuk meningkatkan penjualan produk lokal dari para pelaku UMKM di lebih dari 300 platform e-commerce di Indonesia.
Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan menyatakan, untuk pertama kalinya sejak 2012, Harbolnas tahun ini mendapat dukungan penuh dari tiga kementerian, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA).
"Selama ini banyak yang beranggapan, 11 November lalu merupakan Harbolnas. Namun sebenarnya Harbolnas itu jatuh pada 12 Desember 2018. Harbolnas tahun ini mengangkat tema Belanja untuk Bangsa untuk meningkatkan nilai produk lokal di platform e-commerce. Kami para pelaku e-commerce ingin merangkul para produsen produk lokal untuk dapat merasakan kemeriahan Harbolnas tahun ini," tutur Indra dalam siaran pers, Kamis (15/11/2018).
Yonathan yang juga Country Head of ShopBack Indonesia menambahkan, "Disamping itu, kami ingin mendorong semangat gotong royong, baik dari pelaku e-commerce, produsen lokal, serta rakyat Indonesia untuk membangkitkan nilai produk lokal dengan membeli dan menggunakannya. Dengan Belanja untuk Bangsa, secara tidak langsung masyarakat ikut serta membantu perekonomian Indonesia."
Sementara itu, Ketua idEA, Ignatius Untung mengharapkan Harbolnas 2018 dapat lebih memberikan nilai tambah kepada industri digital nasional saat ini.
"Harbolnas merupakan salah satu inisiasi positif pelaku e-commerce untuk meningkatkan gairah industri e-commerce di Indonesia. Ditambah lagi tahun ini, para pelaku e-commerce bersama-sama merangkul produsen lokal untuk masuk dan merasakan manfaat pasar digital ini. Tentunya kami berharap pesta belanja tahunan ini dapat berjalan dengan lancar dan lepas dari segala kecurangan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pasar e-commerce Tanah Air."
Diketahui, pelaksanaan Harbolnas tahun lalu berhasil merangkul 254 pelaku e-commerce dengan nilai transaksi mencapai Rp4,7 triliun, 4,2 kali lebih besar dari rata-rata transaksi harian. Tahun ini, Harbolnas diikuti lebih dari 300 e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Blibli, Elevenia, Zalora, serta didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, ShopBack, Jaringan Prima, IMX, PopBox, dan JET sebagai official partner.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rosmayanti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: