Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Genjot Keuangan Syariah, BI Bakal Terbitkan Instrumen Sukuk

Genjot Keuangan Syariah, BI Bakal Terbitkan Instrumen Sukuk Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) bakal menerbitkan instrumen investasi berbasis syariah lewat Sukuk Bank Indonesia. Langkah ini bertujuan untuk menggenjot peran keuangan syariah dalam investasi.

"Ini juga untuk mendorong keuangan syariah di Indonesia untuk bisa lebih berkembang," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurutnya, penerbitan sukuk ini juga untuk memperluas produk sukuk sekaligus meningkatkan likuiditas di pasar sekunder. Adapun Sukuk Bank Indonesia akan mulai diterbitkan dalam satu bulan ke depan. Sedangkan untuk draft-nya sendiri, Bank Sentral sudah menyiapkannya, di mana saat ini draft tersebut tengah dibahas oleh Dewan Gubernur BI dan sudah masuk dalam proses final.

"Kami akan mendorong keuangan syariah untuk jadi sumber keuangan baru Indonesia. Jadi, di pasar keuangan syariah, kami akan menerbitkan Sukuk BI," kata Perry.

Untuk mempercepat rencana penerbitan Sukuk Bank Indonesia ini, Bank Sentral akan melakukan sosialisasi ke berbagai daerah. Salah satunya melalui Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) yang telah dilaksanakan di tiga wilayah Indonesia. BI juga rutin menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Instrumen Sukuk Bank Indonesia ini rencananya akan memiliki tenor yang bermacam-macam. Mulai dari tenor dua minggu, satu bulan, dan tiga bulan.

Baca Juga: Tahun Depan, Kredivo Siap Ekspansi Ke Filipina dan Thailand

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: