Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadikan Pameran Sebagai Ajang Pemasaran UKM Anda

Jadikan Pameran Sebagai Ajang Pemasaran UKM Anda Kredit Foto: Cahyo Prayogo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Alat pemasaran sebuah UKM ada banyak jenisnya, salah satunya melalui pameran. Pameran yang diadakan dan melibatkan UKM di dalamnya dapat menjadi kunci pemasaran agar UKM dapat dilihat dan diketahui masyarakat yang hadir.

Dalam menjajakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh UKM di pameran, Anda dapat ‘mencari muka’ dan menarik perhatian konsumen dengan berbagai macam cara, sekreatif dan semenarik mungkin.

Pameran sebagai Alat Pemasaran

Pameran adalah alat pemasaran paling efektif untuk sektor UKM, yang menyediakan platform besar bagi perusahaan untuk terlibat dan bertemu calon pelanggan secara langsung.

Hari ini, pameran dagang menawarkan peluang maksimum di satu tempat dalam periode terbatas untuk UKM dan menghasilkan banyak prospek dan transaksi. Mereka juga menawarkan berbagai macam tayangan dan inspirasi baru.

Selain itu, mereka memfasilitasi pertukaran dan kerja sama, yang mengarah ke visi dan proyek yang dapat memberikan putaran baru bagi UKM. Selain itu, pameran dagang juga mendukung UKM melalui dimasukkannya fitur-fitur seperti paviliun khusus untuk UKM, bersama dengan kehadiran perusahaan modal ventura untuk menyediakan investasi benih untuk ide-ide yang menarik; job fair dan seminar yang berwawasan luas oleh para pemimpin pemikiran industri.

Dukungan & Inisiatif Pemerintah

Berpartisipasi dalam pameran dagang besar dapat menjadi mahal untuk unit bisnis kecil dan sangat penting untuk meluangkan waktu dalam due diligence untuk merencanakan biaya dan strategi untuk pemasaran di pameran dagang.

Menurut laporan industri baru-baru ini oleh Asosiasi Industri Pameran India (IEIA), pemerintah India telah memperkenalkan beberapa skema untuk mendukung partisipasi UKM dalam pameran dagang. The National Small Industries Corporation di bawah Kementerian UMKM menyediakan skema untuk mengatur dan berpartisipasi dalam pameran dan mendukung co-sponsoring dari pameran. Kementerian UMKM akan mendukung penyediaan ruang untuk pameran dengan harga bersubsidi kepada peserta pameran yang terlibat dalam promosi & pengembangan pertumbuhan UMKM di India.

Peran penting dalam Pembangunan Bangsa

UKM adalah pemain kunci dalam ekonomi dan ekosistem perusahaan yang lebih luas. Memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan yang lebih terbuka dan berpartisipasi lebih aktif dalam transformasi digital sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan globalisasi yang lebih inklusif.

Di India, jumlahnya adalah UKM diperkirakan sekitar 42,50 juta dan mempekerjakan sekitar 40 persen dari tenaga kerja yang hanya di samping sektor pertanian. Industri pameran menciptakan berbagai platform dan peluang bagi UKM dan memulai untuk mengembangkan dan memamerkan layanan mereka dan terlibat dengan para pemangku kepentingan mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: