Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masuki Pekan Nataru, AP II Berikan Pelayanan Maksimal di 16 Bandara

Masuki Pekan Nataru, AP II Berikan Pelayanan Maksimal di 16 Bandara Petugas melakukan pemeriksaan tiket kepada penumpang pesawat di Terminal Keberangkatan 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (19/6). Menurut PT. Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta terjadi kenaikan penumpang musim mudik 2017 pada H- 6 dibanding hari yang sama pada 2016 terjadi kenaikan penumpang sebesar 25,82% dan kenaikan penerbangan sebesar 13,31%. | Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola bandar udara, PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan kesiapan ekstra dalam melayani penumpang di 16 bandara yang dikelolanya jelang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Layanan angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mulai berlangsung hari ini, Kamis (20/12/2018) hingga 6 Januari 2019 dengan perkiraan arus puncak Natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, persiapan angkutan Nataru setiap tahun tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital.

Di samping itu, jumlah penumpang diprediksi mengalami pertumbuhan hingga 10,50% mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang pada tahun lalu.

"Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kami memprediksi pada tahun ini akan terjadi pertumbuhan jumlah penumpang mencapai 10,50%. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat," ujar Awaluddin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Dirinya melanjutkan, perseroan juga mempersiapkan sekitar 4.000 personel serta 2.000 personel bantuan dari TNI dan Polri untuk mengawal angkutan Nataru ini.

Demi kelancaran pelaksanaan angkutan Nataru, AP II membuka posko Nataru di 16 cabang bandaranya dan sebagai bandara terbesar serta tersibuk, Bandara Internasional Soekarno-Hatta membuka tiga posko yang masing-masing terletak di Terminal 1B depan VIP sebagai posko utama, Terminal 2F, dan Terminal 3.

Posko-posko ini dilengkapi dengan data traffic pergerakan penumpang di bandara, data extraflight, televisi untuk monitoring CCTV, serta untuk video conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 14 bandara lain. Posko-posko ini akan membantu para penumpang mendapatkan informasi terkait penerbangan.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan angkutan Nataru setiap tahun, AP II mengimbau para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara, baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara.

Sebagai informasi tambahan, tercatat sejumlah destinasi favorit pada angkutan udara Nataru kali ini, baik penerbangan domestik maupun internasional. Untuk penerbangan domestik, antara lain Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar, Yogjakarta. Sedangkan untuk penerbangan internasional, yakni Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong, dan Bangkok.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: