Seiring perubahan zaman, kemewahan suatu produk bukan lagi menjadi sentris. Pasalnya, konsumen di zaman sekarang bukan hanya ingin memiliki produk saja, tetapi memiliki eksklusivitas yang diciptakan di sekitar produk. Dan teknologi mampu mengumpuninya.
Kemajuan teknologi yang semakin terlihat kini mampu memanjakan konsumen dengan mewujudkan berbagai keinginannya. Melalui platform digital, sebuah produk mampu memiliki ekslusivitas.
Kurva pembelajaran
Pemasaran tradisional memang berfokus pada membangun pengalaman terbaik tetapi hanya di tingkat ritel dalam toko. Namun dengan perubahan zaman, konsumen mencari kemewahan pada titik multi-touch, yang mencakup saluran e-commerce, online atau bahkan toko multi-merek.
Cara pembeli memanjakan diri dengan kemewahan menghadirkan pengalaman digital yang kini memainkan peran penting. Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi merek karena revolusi dalam teknologi dan otomasi memungkinkan kemampuan untuk membeli melalui berbagai saluran dan memperoleh pengetahuan pelanggan yang meningkat. Saat ini pembelian lebih dipelajari, didorong oleh teknologi dari setiap aspek.
Teknologi secara keseluruhan telah meningkatkan standar bagi pengalaman pelanggan, dalam ritel mewah. Teknologi dan kemewahan telah menjadi kombinasi yang mengganggu dalam industri ini.
Tren
Mencatat perubahan ini, merek telah secara tepat waktu memasukkan tren teknologi ke dalam saluran komunikasi mereka, mencocokkan konsumen pada gelombang yang sama, dan menciptakan pengalaman digital yang menarik.
Beberapa tren penting yang harus dipertimbangkan adalah menggunakan aplikasi untuk keterlibatan pelanggan, yang tidak hanya memungkinkan merek untuk memiliki pendekatan yang lebih personal, tetapi juga memungkinkan mereka mengukur keterlibatan konsumen dengan bantuan sistem analitik dan menjembatani kesenjangan serta memastikan visibilitas yang lebih kuat.
Pengalaman berbelanja
Terakhir, salah satu aspek terpenting dalam kemewahan ritel adalah menciptakan pengalaman berbelanja yang berbeda dari yang lain. Ini bukan hanya tentang kemudahan membeli barang, kuncinya adalah kepribadian produk. Hal itu merupakan pengalaman mewah yang akan bertahan selamanya.
Untuk mencocokkan pengalaman yang sama, sebagian besar merek mewah berusaha menciptakan suasana terbaik di kelasnya di dalam toko untuk setiap alasan, baik itu pemasaran pembelanjaan, augmented reality, realitas virtual, tren IOT atau aplikasi seluler. Hasil akhirnya adalah memanfaatkan makna teknologi ke dalam perencanaan dan program pemasaran, menangkap preferensi dan kebutuhan konsumen.
Dengan begitu, teknologi terbukti mampu memuaskan sistem belanja mewah bagi para konsumen di zaman sekarang, melalui platform.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: