Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siapkan Wadah Kreativitas Muslim Milenial, BUMN Gelar Islamic Nextgen Fest

Siapkan Wadah Kreativitas Muslim Milenial, BUMN Gelar Islamic Nextgen Fest Kredit Foto: Kementerian BUMN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berdasarkan data milik Bappenas pada 2018, penduduk Indonesia yang berusia 20-35 tahun akan berjumlah 63 juta dari total 265 juta jiwa. Dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat tiap tahun, milenial menjadi generasi yang akan mengembangkan potensi di segala bidang untuk membuat Indonesia masuk ke 5 besar ekonomi besar dunia pada 2030. Untuk itu, diperlukan wadah yang dapat mendorong generasi milenial agar potensi mereka bisa berkembang secara maksimal.

Karena itulah Islamic Nextgen Fest yang merupakan bagian dari program Spirit of Millenials milik Kementerian BUMN, akan digelar. Di dalamnya terdapat tiga kompetisi untuk mengasah kreativitas, dari Hijab Muda (muslimah berbakat dan menginspirasi), Nada Islami (musisi religi islam), dan Usaha Santri (santri berjiwa kewirausahaan).

Menteri BUMN Rini M Soemarno berkata, "Islamic Nextgen Fest, sarana bagi talenta-talenta muslim milenial untuk berperan aktif dalam membangun negeri melalui kontribusi karya positif, prestasi, dan pemberdayaan ekonomi usaha santri, sehingga dapat menginspirasi generasi milenial lainnya sebagai muslim milenial Indonesia yang kreatif, inspiratif, toleran, dan mencintai Indonesia."

Setiap perlombaan dalam ajang itu akan melahirkan talenta berbeda di bidang musik, kreasi, dan juga bisnis. Harapannya, talenta-talenta baru tersebut dapat menginspirasi muslim milenial lainnya di seluruh Indonesia.

"Semoga ajang ini dapat menginspirasi muslim milenial lainnya untuk mulai mengeksplorasi potensi yang mereka miliki dan berkreasi lebih, sehingga secara tidak langsung, potensi mereka menjadi kontribusi nyata untuk negeri," tutup Direktur Utama BTN Maryono, selaku BUMN koordinator kegiatan Spirit of Millennials program Religi.

Bertempat di Convention Hall Telkom University (27/01/2019), Menteri BUMN bersama Direktur Utama BTN, Wika, Pertamina, Telkom Indonesia Group, dan jajaran Direksi BUMN melakukan kick off ceremony sebagai tanda dimulainya rangkaian roadshow Islamic Nextgen Fest yang akan diadakan di tiga kota besar dan enam kota/kabupaten di Indonesia.

Populasi muslim yang mendominasi penduduk Indonesia menjadi salah satu latar belakang diadakannya program Spirit of Millenials di kategori religi. Lebih dari itu, kreativitas muslim Indonesia juga menjadi pionir perkembangan produk dan karya kreatif berbasis religi, seperti fesyen muslim, musik, dan masih banyak lagi.

Gerakan Spirit of Millennials yang diinisiasi Menteri BUMN pada hari Sumpah Pemuda 2018 di Bontang Kalimantan Timur terus bergerak dan melibatkan karyawan muda BUMN dari lintas perusahaan. Beragam kegiatan di berbagai bidang telah dilaksanakan oleh Spirit of Millennials BUMN bersama Menteri BUMN seperti Coco Fest di Surabaya, Glowing Night Run, dan Spirit of Millennials Games Day di Jakarta.

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: