Mau Promosi Produk Bisnis di YouTube? Eits, Perhatikan Ini Dulu Ya!
Di era digital seperti saat ini, media sosial gencar digunakan untuk pemasaran produk. Baik itu Facebook, Twitter, Instagram, hingga YouTube.
Memasarkan produk melalui YouTube bisa menjadi sarana yang paling efektif. Karena, saat ini platform berbagi video tersebut telah menarik jutaan pasang mata. Seperti taglinenya, “YouTube lebih dari tv”, masyarakat saat ini banyak yang menggunakan YouTube untuk mencari informasi.
Nah, dengan begitu, jika produkmu dipasarkan di YouTube, kamu harus memiliki strategi tersendiri. Apa sajakah itu? Berikut penjabarannya:
Baca Juga: Jadi YouTuber, Azka Corbuzier Kantongi Miliaran Rupiah, Bakal Salip Atta Halilintar?
1. Buat konten yang menarik
Memutuskan untuk terjun ke strategi pemasaran produk melalui Youtube, berarti kamu harus siap memproduksi konten video yang menarik. Kalau kamu masih orang amatiran dalam mengambil video, bisa sewa jasa videographer freelance yang jelas kualitas gambarnya. Serahkan juga kepada mereka seperti apa editannya. Kamu hanya perlu memberikan konsep yang kamu inginkan ke mereka.
Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?
Pikirkan konten dengan kualitas terbaik supaya produkmu juga turut menarik di mata penonton. Kemudian, unggah konten tersebut secara berkala, misal seminggu sekali atau sebulan sekali.
2. Membuat judul yang menarik
Apa yang pertama kali dilihat pengguna Youtube sebelum mengklik sebuah video adalah judulnya. Semakin menarik judul, semakin besar pula keinginan mereka untuk melihatnya. Jadi, judul itu berpengaruh besar untuk mengundang mereka menyaksikan video kamu.
Baca Juga: Ria Ricis Bikin Channel YouTube Ketiga, Makin Tajir Deh!
3. Thumbnail yang menarik
Selain judul, foto yang dipajang sebelum video diputar atau thumbnail juga begitu berpengaruh untuk membuat penonton tertarik untuk menyaksikan videomu. Kamu bisa menetapkan thumbnail dari cuplikan kontenmu, tapi juga bisa buat baru dengan beragam desain yang menarik.
4. Logo untuk meningkatkan brand awareness
Bagi sebuah bisnis, brand awareness adalah aspek yang terpenting dalam mengenalkan produk mereka. Apalagi di masa-masa awal berdirinya bisnis tersebut. Tujuannya ya agar dikenal banyak orang dan memiliki ciri khas tersendiri.
Untuk meningkatkan brand awareness, diperlukan beberapa hal. Salah satunya adalah logo. Pilihan bentuk, warna, dan lambang-lambang perlu dikombinasikan sebaik mungkin, disesuaikan dengan nama brand serta produk yang dijajakan.
Baca Juga: Rilis! Ini Dia Deretan Nama YouTuber Indonesia Paling Kaya di 2019
Nah ketika kamu memutuskan untuk melakukan strategi pemasaran produk menggunakan Youtube, jangan lupa untuk mencantumkan logo kecil di setiap kontenmu. Penting sekali bagi sebuah bisnis agar dikenal banyak orang dan memiliki kekhasan sendiri.
5. Berkolaborasi dengan channel lainnya
Yang terakhir adalah melakukan promosi dari channel YouTube lainnya. Caranya dengan melakukan video kolaborasi dengan akun lain yang jelas memiliki ketenaran lebih. Kemudian, di konten tersebutlah ia mempromosikannya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: