Kinerja PT Angkasa Pura II (Persero) kembali diapresiasi industri bisnis global. Kali ini, AP II mendapat tiga penghargaan dari Asia-Pacific Stevie Awards 2019. Stevie Award sendiri diakui sebagai penghargaan bisnis tertinggi di dunia. Pertama kali digelar pada 2002, Stevie Award kini menjadi salah satu hadiah paling didambakan di dunia.
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, di wilayah Asia-Pasifik, Stevie Award diperebutkan oleh seluruh organisasi bisnis yang berada di 29 negara wilayah tersebut. Tiga penghargaan Asia-Pacific Stevie Awards 2019 yang berhasil diraih AP II, yakni:
Pertama, Gold Stevie Winner–Award for Innovation in Customer Service Management, Planning & Practice. Penghargaan ini berhasil diraih menyusul AP II menghadirkan iMATE Lounge (i-Millenial Airport Travel Experience Lounge) yang dahulu dikenal dengan nama DiLo (Airport Digital Lounge).
Menurut Awaluddin, iMATE Lounge pertama kali hadir di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan akan menyusul di terminal lain serta bandara lain. Keberadaan iMATE Lounge merupakan upaya AP II memenuhi kebutuhan perjalanan zaman now.
"Di lounge itu, traveler dapat menemukan berbagai pelayanan berbasis digital seperti virtual assistant melalui chatbot, co-working space, digital wayfinding hingga melakukan reservasi perjalanan atau akomodasi," kata dia dalam keterangan terulisnya, Senin (22/4/2019).
Baca Juga: Angkasa Pura II Resmi Buka Terminal Baru di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya
Di iMATE Lounge, traveler juga dapat menggunakan fasilitas AirSport untuk bermain game online dengan WiFi berkecepatan tinggi (Wi-Shock) dan kursi khusus gamers. iMATE Lounge juga diperkuat oleh DILO, robot pintar yang memiliki fitur multimedia seperti musik, video, dan dokumen.
"Kami sangat bangga iMATE Lounge yang baru saja diluncurkan ini diapresiasi industri global dan berhasil meraih penghargaan bergengsi Stevie Award. Keberadaan iMATE Lounge berangkat dari hal yang sederhana, yakni bagaimana kami dapat menghadirkan pelayanan berbasis digital untuk membuat nyaman traveler di bandara," ujarnya.
Penghargaan kedua adalah Bronze Stevie Winner–Award for the Innovative Use of Technology in Human Resources. Penghargaan ini disabet AP II karena mampu menghadirkan program pelatihan yang simpel dengan memanfaatkan teknologi disebut dengan Mobile Learning. Mobile Learning sendiri dapat diakses melalui aplikasi iPerform yang merupakan aplikasi khusus bagi karyawan AP II.
Kemudian penghargaan ketiga adalah Bronze Stevie Winner–Award for Innovation in Human Resources Management, Planning & Practice. Penghargaan ini diterima AP II sehubungan dengan pengimplementasian Organization Ambidextrous, ini terkait dengan organization use case di AP II, di mana sejak 2016 AP II membangun unit organisasi ProBis (Project Business).
Awaluddin mengatakan, tiga penghargaan dari Asia-Pacific Stevie Awards 2019 ini membuktikan bahwa tranformasi digital dan human capital di AP II sukses dan berada di jalur yang benar.
"Transformasi yang dilakukan AP II sejak dua tahun lalu berada di jalur yang benar, di mana kami berharap hasil transformasi ini dapat membuat bandara-bandara yang dikelola perseroan menjadi kebanggaan kita semua, dan sejajar dengan bandara berkelas dunia lainnya," pungkasnya.
Baca Juga: Angkasa Pura II Segera Kelola Bandara Fatmawati Soekarno
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: