PT Mandom Indonesia Tbk membidik pertumbuhan bisnis 5-10% di sepanjang tahun ini.
President Direktur Mandom Indonesia, Tatsuya Arichi, mengatakan untuk mencapai target tersebut perusahaan akan terus mendorong penjualan melalui inovasi pada beberapa merek yang dimilikinya seperti Pixy, Gatsby, Pucelle dan lainnya.
“Pasar domestik masih menjadi kontributor terbesar penjualan perusahaan yang menyumbang sebesar 76% terhadap total penjualan. Sementara sisanya 24% disumbang oleh penjualan ekspor,” kata Tatsuya di Jakarta, Senin (22/4/2019).
Baca Juga: Mandom Indonesia Tebar Dividen Rp420 Per Saham
Tatsuya menambahkan bahwa tahun 2018 merupakan tahun yang cukup menantang bagi industri consumer goods, termasuk Mandom Indonesia. Meskipun pengeluaran konsumsi rumah tangga masih mencatatkan pertumbuhan yang positif, namun pola konsumsi konsumen memperlihatkan adanya tren perubahan.
“Untuk itu, kami mengambil beberapa langkah strategis yaitu selain meluncurkan beberapa produk baru, juga berkonsentrasi pada penjualan produk-produk yang bersifat fast moving di pasar domestik serta meningkatkan total jumlah produk yang termasuk dalam kategori fast moving,” ujarnya.
Jika dilihat berdasarkan kategori, lanjut dia kategori skin care dan make up masih tumbuh cukup baik sebesar 7,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini salah satunya didorong oleh beberapa produk baru Pixy yaitu seri Pixy 4 Beauty Benefits dan Pixy Make It Glow. Sementara itu produk perawatan rambut dan wangi-wangian masing-masing turun sebesar 9,7% dan 7,1% seiring dengan semakin ketatnya persaingan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Kumairoh
Tag Terkait: