Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dear Penjual Online, Same Day Delivery Bisa Tingkatkan Penjualan Loh

Dear Penjual Online, Same Day Delivery Bisa Tingkatkan Penjualan Loh Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Teruntuk para penjual di platform daring (online), tahukah Anda kalau pengiriman di hari yang sama menghasilkan deretan keuntungan untuk usaha yang Anda geluti? Apalagi, untuk Anda yang usahanya berada di kategori Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM).

Pertama, berdasarkan laporan PwC yang berjudul Global Consumer Insights Survey 2018, kebutuhan konsumen e-commerce terhadap pengiriman hari yang sama mencapai 41%. Sementara, di posisi selajutnya, 24% konsumen membutuhkan pengiriman di kisaran satu-dua jam.

Baca Juga: Gandeng Startup Logistik, E-Commerce Ini Usung Same Day Delivery ke Luar Kota

"Kita lihat dua tahun terakhir ini ada fenomena pengiriman same day. Pelanggan (e-commerce) menginginkan pengirinan yang lebih cepat," ujar Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita di Jakarta, Jumat (3/5/2019). Paxel adalah startup yang bergeral di bidang logistik, dengan mengombinasikan teknologi, algoritma, dan manusia.

Bahkan, menurut survei internal Paxel terhadap 200 ribu penggunanya, pengiriman di hari yang sama dapat meningkatkan Return on Investment (ROI) hingga empat kali lipat dari pengiriman regular. 

Zaldy menambahkan, "Sehingga itu menguntungkan UMKM yang modalnya terbatas karena perputaran uangnya jauh lebih cepat dibanding pengiriman yang tiga-empat hari lebih lama."

Baca Juga: Ini Dia 9 Startup yang Masuk Demoday Appcelerate Lintasarta

Tidak hanya itu, GTV (Growth Transaction Value) dari penjual meningkat 30% dengan pengiriman hari yang sama. Dengan begitu, produktivitas penjual dapat bertambah empat kali lipat setiap bulannya.

Sebagai penjual, Anda hanya perlu memerhatikan produk-produk yang memiliki potensi besar untuk dikirim dalam hari yang sama. Dari survei Paxel diketahui, pelanggan yang memesan produk di kategori kecantikan, fesyen, dan makanan beku berpotensi untuk memilih pengiriman hari yang sama.

Melihat angka-angka itu, tak mengherankan bila sebanyak 70% penjual dan pembeli di platform daring beralih untuk menggunakan layanan pengiriman di hari yang sama. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Kumairoh

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: