Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

91% Orang Indonesia Belanjakan THR ke E-Commerce, Kamu Termasuk?

91% Orang Indonesia Belanjakan THR ke E-Commerce, Kamu Termasuk? Kredit Foto: Lazada Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang Idulfitri, tunjangan hari raya (THR) menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Tapi, sebetulnya untuk keperluan apa sih biasanya uang tersebut? Menurut riset yang dilakukan Snapcart, 91% responden menggunakan uang THR untuk berbelanja di e-commerce

Hasil dari riset Snapcart yang dilakukan pada 16-23 April 2019 menemukan, 60% responden berencana akan menggunakan THR untuk berbelanja, 65% menyimpannya dalam bentuk tabungan, 45% untuk sedekah atau zakat, dan 25% untuk keperluan Lebaran dan mudik.

"Yang menarik, 91% responden menyatakan mereka akan memilih berbelanja melalui e-commerce, sedangkan 56% responden berencana berbelanja di toko offline seperti di mal, pasar, toko atau minimarket, dan warung. Tren ini merata, baik para responden di Jabodetabek maupun di luar Jabodetabek," ujar Eko Wicaksono dari Snapcart Indonesia, Kamis (9/5/2019).

Baca Juga: THR Perusahaan Cair Maksimal 7 Hari Sebelum Hari Raya

Dalam riset tersebut juga terungkap bahwa kecenderungan rencana penggunaan untuk berbelanja, lebih tinggi di kalangan perempuan, yaitu 64% berbanding 54% untuk laki-laki. Perempuan dan ibu rumah tangga lebih tertarik membelanjakan THR-nya untuk membeli baju, tas, sepatu, dan aksesoris. Berbeda dengan kaum pria yang lebih berminat pada produk digital, gadget, peralatan olahraga, dan untuk hobi.

Sementara kategori barang yang paling diincar para responden untuk menghabiskan THR adalah pakaian, personal care, produk digital, makanan dan minuman (groceries), dan gadget.

Menurut Eko, semakin banyaknya brand e-commerce membuat masyarakat mempunyai banyak saluran dan pilihan untuk membelanjakan THR. Dalam riset Snapcart juga ditemukan, brand e-commerce yang menjadi pilihan utama belanja THR masyarakat adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

"57% responden merencanakan menggunakan THR mereka untuk berbelanja di Shopee, 19% responden memilih Tokopedia, dan 9% akan menggunakan Lazada dan Bukalapak," imbuh Eko.

Baca Juga: Alhamdulillah! Kabar Baik PNS, Akhir Mei THR Cair

"Pilihan tersebut dipicu banyak faktor, antara lain promosi, ongkos kirim gratis, harga lebih murah, iming-iming hadiah, dan ketersediaan produk," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: