Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Cuma Diskon, Ini 4 Alasan Orang Belanja di E-Commerce

Bukan Cuma Diskon, Ini 4 Alasan Orang Belanja di E-Commerce Kredit Foto: Unsplash/Andrew Neel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform cashback rewards dan agerator e-commerce, ShopBack baru-baru ini melakukan survei terkait pola perilaku belanja online saat Ramadan tahun ini. Hasinya, lebih dari setengah responden (53,5%) mengaku akan mengalokasi ¼ dari THR yang diterima untuk berbelanja online.

Jika dilihat dari data riset ShopBack dalam dua tahun belakang, responden mulai bijak dalam memanfaatkan THR dalam berbelanja online. Responden yang memilih mengalokasikan hanya seperempat dari THR mereka untuk belanja online naik 38% dari 15% di 2017 menjadi 53% di 2019.

Berdasarkan hasil survei yang sama, beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang memengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadan, dengan persentase 79,4%. Diikuti dengan harga murah (8,4%) dan lebih efisien di posisi ketiga dengan persentase (4,5%).

Baca Juga: Shopee Jadi E-Commerce Favorit Milenial Belanjakan THR

Promo memang selalu menarik perhatian masyarakat dalam berbelanja. Karena itulah banyak platform e-commerce dan brand-brand lainnya berbondong-bondong menawarkan promo spesial Ramadan.

"ShopBack senantiasa mendorong masyarakat untuk dapat berbelanja online dengan bijak, cermat, dan hemat. Pada Ramadan kali ini pun, ShopBack menggelar Gebyar Ramadhan Online dengan promo diskon hingga 90% dan tambahan cashback hingga lima kali lipat," ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development ShopBack.

Baca Juga: Perkembangan Platform E-Commerce Asia Tenggara, Mana yang Nomor Satu?

Sementara itu, produk fesyen selalu menjadi produk yang sering dibeli responden di platform online pada Ramadan dalam tiga tahun terakhir. Menariknya, produk digital (pulsa, paket data, token PLN, dan voucer game) menjadi lebih populer pada dua Ramadan terakhir.

Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 6.500 responden dii lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: