Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

NAB Ciptakan Bankir Virtual untuk Layani Nasabah

NAB Ciptakan Bankir Virtual untuk Layani Nasabah Kredit Foto: Entrepreneur.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

National Australia Bank (NAB) telah meluncurkan layanan terbaru kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) terbarunya, berupa bankir virtual digital untuk pelanggan bisnisnya. Layanan Chatbot, yang lahir dari tim Customer Journey, bertujuan untuk membuat hidup lebih mudah bagi pelanggan perusahaan kecil dan menengah (UKM).

Menurut chief operating officer (COO) NAB Antony Cahill mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan menunjukkan bahwa dua pertiga dari UKM di Australia lebih banyak menghabiskan banyak waktu untuk bisnis mereka, ketimbang berurusan dengan tugas administrasi. Layanan bankir virtual akan memberikan pengalaman yang mudah dan menghemat waktu.

“Ketika mereka memiliki pertanyaan tentang perbankan, bankir virtual kami siap membantu menyelesaikannya 24 jam tujuh hari seminggu,” ujar Antony.

Baca Juga: Masifnya Perkembangan Chatbot Dorong BJTech Luncurkan Aplikasi 'Balesin'

Manajer umum eksekutif NAB untuk transformasi bisnis, Anne Bennett menambahkan, chatbot online juga telah dirancang untuk berkembang menjadi sistem berbasis suara. Sehingga customer pun dapat berbicara dengan bankir virtual tersebut secara online.

Menurut Bannett, AI di belakang asisten virtual berasal dari pertanyaan pelanggan di kehidupan nyata, dengan lebih dari 13.000 varian dari 200 pertanyaan yang dapat dijawab oleh bankir virtual. Namun jika pertanyaan pelanggan tidak dapat dijawab, pelanggan akan diarahkan ke bankir manusia.

"Kami saat ini memiliki sejumlah aliran pekerjaan yang berbeda, dengan hampir 1.000 karyawan di berbagai bidang bank - dari bankir hingga spesialis produk, pakar pemasaran, dan teknologi - bekerja bersama dalam proyek-proyek ini dan melakukan dengan cepat," ujar Cahill menambahkan.

Melalui layanan tersebut, customer juga dapat melakukan berbagai fitur layanan seperti kemampuan untuk mentransfer dana. Fitur lain adalah kustomisasi kartu Visa yang memungkinkan pengguna untuk memblokir sementara kartu, mematikan belanja online, menonaktifkan fungsi PayWave, dan mencegah penarikan tunai dari ATM. Pelanggan juga dapat langsung menggunakan kartu kredit Visa pribadi yang baru disetujui dengan fitur kontrak digital melalui NAB Pay untuk transaksi tanpa kontak kurang dari AU$100, dengan meniadakan kebutuhan akan kartu fisik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: