Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Banking Chatbot Solusi Finansial di Bulan Ramadan

Banking Chatbot Solusi Finansial di Bulan Ramadan Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Semakin tinggi tingkat mobilitas, semakin banyak pula orang yang menginginkan fleksibilitas dalam menyelesaikan berbagai kebutuhannya. Maka, tidak heran jika saat ini orang-orang lebih banyak bergantung dan menggunakan teknologi untuk menjawab kebutuhannya sehari-hari karena dirasa lebih mudah dan praktis. Tidak terkecuali di momen spesial Ramadan ini, teknologi berperan penting membantu masyarakat muslim modern dalam berbagai hal, contohnya saat tranfer THR dan membayar zakat menjelang hari raya Idulfitri.

Di Indonesia, berbagi dengan saudara yang kurang mampu merupakan salah satu hal esensial pada Ramadan. Kegiatan berbagi ini dapat dilakukan dengan membayar zakat, bahkan menurut data dari Google, aktivitas pencarian 'zakat' selalu mengalami pertumbuhan 2,6 kali saat Ramadan dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Baca Juga: Shopping Chatbot Mudahkan Website E-Commerce Selama Ramadan

Tidak hanya itu, Ramadan juga jadi momen bagi para pelaku bisnis untuk memberikan bonus kepada karyawannya yang kita kenal dengan istilah Tunjangan Hari Raya (THR). Karenanya, menjelang Lebaran tiba banyak orang yang melakukan transfer melalui rekening bank mereka untuk kedua hal tersebut.

Namun, karena kini banyak Muslim di Indonesia yang memanfaatkan teknologi dalam kegiatan beribadah mereka, termasuk urusan membayar zakat dan THR. Maka, ini menjadi waktu yang pas bagi industri perbankan untuk memanfaatkan teknologi chatbot dalam operasional bisnisnya. Dengan teknologi ini, proses transfer THR dan bayar zakat semakin praktis, hanya dalam hitungan menit, dan bisa dilakukan melalui aplikasi chat apa saja.

Selain itu, chatbot dapat mengubah operasional perbankan jadi lebih efisien dan menghemat waktu nasabah. Chatbot perbankan juga dapat berperan sebagai personal banker untuk nasabah, jadi asisten virtual yang menjawab semua pertanyaan dan kebutuhan nasabah, serta membantu mencari lokasi ATM terdekat.

Penggunaan chatbot di industri perbankan memungkinkan bisnis Anda mengotomatisasi feedback dari nasabah sehingga memudahkan karyawan Anda me-review setiap data. Lebih jauh lagi, chatbot dapat memudahkan komunikasi antara karyawan dengan mengumpulkan data yang berasal dari setiap kantor cabang bank, membantu manajemen bisnis perbankan Anda menemukan ide baru, dan merancang strategi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Baca Juga: Gandeng Qiscus, Kata.ai Luncurkan Chatbot untuk WhatsApps Business

Kehadiran chatbot perbankan saat ini dirasa telah membantu dan memudahkan semua orang, khususnya di momen Ramadan ini. Karena kini mereka dapat membayar zakat, mentransfer THR, dan menggunakan promo dari bank untuk berbelanja kebutuhan Lebaran tanpa perlu repot dan menunggu lama karena semuanya #TinggalChatAja melalui aplikasi perpesanan pilihan mereka.

Chatbot jenis ini juga dapat dipersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman perbankan nasabah Anda dengan fungsi yang beragam, mulai dari jadi personal banker hingga meningkatkan kepuasan nasabah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yosi Winosa
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: