Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri BUMN Resmikan Pengembangan Pelabuhan Panjang

Warta Ekonomi -

WE.CO.ID, Bandarlampung - Menteri BUMN Dahlan Iskan meresmikan modernisasi Terminal Curah Kering di Pelabuhan Panjang dan revitalisasi jalur kereta api menuju Pelabuhan Panjang.

Peresmian itu juga dihadiri Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said, Direktur Utama IPC R.J. Lino serta General Manager Pelabuhan Panjang, Lampung, Doso Agung di Pelabuhan Panjang, Jumat (24/1/2014).

Modernisasi terhadap Pelabuhan Panjang berupa penambahan Dermaga Curah Kering dan penambahan alat bongkar muat barang Gantry Luffing Cranes (GLC) sebanyak 2 buah yang datangkan dari China itu.

Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya mengapresiasi PT Pelindo II yang telah melakukan modernisasi Pelabuhan Panjang.

"Dulu waktu menjabat Dirut PT PLN, saya sering bolak-balik Jakarta-Lampung dan melihat kondisi Pelabuhan Panjang yang sempit. Tapi sekarang pelabuhannya luas dan peralatannya juga modern," kata dia.

Perluasan Pelabuhan Panjang lanjut dia, dengan melakukan penimbunan laut yang dangkal mengingat perluasan ke darat tidak memungkinkan lagi karena banyak tempat tinggal penduduk serta jalan utama yang melintasi kawasan pelabuhan.

"Perluasan pelabuhan ke laut bukan ke darat merupakan ide yang cukup brilian," kata dia.

Sementara itu, Dermaga D yang diresmikan adalah dermaga multipurpose yang beralih fungsi menjadi dermaga curah kering. Adanya dermaga curah kering ini diharapkan mampu mengakomodir pertumbuhan demand dan mengoptimalkan kinerja kegiatan bongkar muat barang curah kering (drybulk) mengingat tingginya angka produksi barang curah kering pada 2013 sebesar 3.288.826 ton dengan komoditas utama pelabuhan ini adalah batu bara, pupuk dan sayur mayur seperti jagung, nanas dan kedelai.

Dermaga D memiliki panjang 486 meter persegi dan "declare depth" -8 sampai dengan -12 mLWS dengan estimasi kapasitas maksimal sebesar 200.000 ton per bulan.

Dengan diresmikannya Dermaga D maka Pelabuhan Panjang memiliki 3 jenis fasilitas dermaga diantaranya dermaga multipurpose (dermaga umum) sepanjang 734 m2, dermaga curah kering sepanjang 486 m2 dan dermaga peti kemas sepanjang 400 m2. Selain itu, pelabuhan ini juga telah dilengkapi beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti Mobile Crane, Container Crane, Forklift, Gantry Luffing Cranes dan Genset. (Ant)

Foto: SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: