PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) perusahaan pemilik jaringan toko ritel Mitra10 dan Atria ini menargetkan total penjualan di sepanjang 2019 bertumbuh sebesar 13% (year-on-year) menjadi Rp12,3 triliun.
Direktur Keuangan CSAP, Tjia Tjhin Hwa mengatakan, penjualan di 2019 tersebut akan ditopang oleh target pertumbuhan segmen distribusi sebesar 10% dan segmen ritel mencapai 20 persen.
"Target penjualan kami untuk tahun ini senilai Rp12,3 triliun," katanya di Jakarta, Kamis (27/6/2019).
Baca Juga: Gencar Bangun Mitra10, CSAP Mau Kontribusi Ritel Jadi 50%
Menurut Tjhin Hwa, pada tahun total penjualan CSAP mencapai Rp10,9 triliun dengan nilai laba bersih sebesar Rp96 miliar. "Pada RUPS Tahunan hari ini kami membagikan dividen Rp17,8 miliar atau Rp4 per saham dan akan dibagikan pada 31 Juli 2019," ujarnya.
Prospek usaha CSAP, lanjut Tjhin, tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditargetkan oleh pemerintah sebesar 5,1%. Pertumbuhan tersebut tidak lepas dari target konsumsi dan kebutuhan akan hunian oleh masyarakat Indonesia. Konsumsi rumah tangga dikisaran 5% dengan tingkat inflasi 3,5%. Backlog kebutuhan akan rumah telah mencapai 7,6 juta rumah.
"Dengan indikator ini, perseroan yakin bahwa iklim usaha di Indonesia sangat kondusif bagi kami yang fokus di bidang bahan bangunan baik segmen distribusi maupun ritel moderen," jelasnya.
Ia mengungkapkan, pada tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal (capex) sebesar Rp550 miliar. "Sebesar Rp500 miliar untuk segmen ritel modern dan senilai Rp50 mikiar untuk segmen distribusi," ucap Tjhin Hwa.
Baca Juga: CSAP Buka Satu Gerai Superstore Mitra10 di Cirebon
Dia merincikan, sebesar 70 persen dana capex bersumber dari pinjaman perbankan dan sisanya dari kas internal. "Sampai Kuartal I-2019, capex yang terserap sebesar Rp70 miliar, Mitra10 sudah menyerap Rp60 miliar dan Rp10 miliar di segmen distribusi. Kami butuh capex besar di Mitra10, karena kami membuka toko baru," ungkapnya.
Tjhin Hwa menambahkan, saat ini CSAP memiliki 30 toko Mitra10 dan sebanyak sepuluh showroom Atria. CSAP menargetkan bisa menambah jumlah toko Mitra10 menjadi 50 unit hingga akhir tahun 2021. "CSAP mengoperasikan 42 cabang distribusi bahan bangunan di 40 kota dan menguasai lima pulau besar, termasuk Bali," kata Tjhin Hwa.
Baca Juga: Pacu Pertumbuhan Segmen Ritel, CSAP Tambah Gerai Mitra10
Adapun, pada kuartal I 2019, penjualan CSAP mencapai Rp2,9 triliun atau bertumbuh 7,5% (year-on-year), sedangkan laba bersih tercatat sebesar Rp21 miliar atau meningkat dibandingkan dengan perolehan di tiga bulan oertama 2018 yang senilai Rp20 miliar.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: